Bupati Lamsel Lantik Pimpinan Baznas


harianfikiransumut.com | Lampung Selatan -  Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto resmi melantik Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lampung Selatan Periode Tahun 2022-2027,  Senin (04/04/2022).

Acara pelantikan dilaksanakan di Aula Sebuku Komplek Rumdin Bupati,  dihadiri oleh Sekretaris Daerah Thamrin, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kemenag Lamsel, Pengadilan Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Wakapolres Lamsel dan Kasdim 0421 Lamsel.

Dalam sambutannya, Ketua Baznas Lamsel Mukhlisin, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada Bupati Nanang Ermanto karena telah memilih dan  memfasilitasi pelaksanaan pelantikan tersebut. Selain itu juga ia menjelaskan bahwa Baznas merupakan lembaga pemerintah non struktural sesuai UU No. 23 Tahun 2013 yang melakukan pengelolaan Zakat mulai dari perencanaan sampai pada pendistribusian.

"Saya haturkan terima kasih tak terhingga kepada Bapak Bupati yang telah memilih kami sebagai pengurus Baznas Lampung Selatan. Melantik kami pagi ini. Terus terang kami bekerja mulai dari nol. Tidak ada aset terdahulu yang kami terima saat ini. Tetapi ini tidak menjadi hambatan, kami akan tetap bekerja. 

Dalam waktu dekat tugas kami adalah mengumpulkan zakat fitrah dari seluruh ASN Lampung Selatan. Kemudian kami akan distribusikan ke para mustahiq di Bulan Ramadhan ini, kami jamin zakat fitrah yang akan dibagikan akan diterima seluruhnya oleh para Mustahiq. 

Kendala yang kami hadapi salah satunya tidak adanya kendaraan operasional, mohon kiranya Bapak Bupati Nanang Ermanto membantu kami," ujar Mukhlisin dengan gaya khasnya yang ceplas-ceplos.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto  langsung merespon isi pidato perdana Ketua Baznas Mukhlisin, dirinya bersedia membantu dan mulai memikirkan terkait kendaraan operasional Baznas.

“Saya mengucapkan selamat kepada Pimpinan Baznas yang baru saja dilantik, semoga kedepannya Baznas Lampung Selatan lebih produktif karena Baznas merupakan salah satu instrumen yang diharapkan mampu mengentaskan masalah kemiskinan umat," Kata Nanang.

Nanang mengungkapkan bahwa potensi zakat di Lampung Selatan sangat besar dan membutuhkan pengelolaan yang profesional, jujur, dan transparan, bergotong-royong dan penuh inovasi sehingga dapat memberikan kontribusi bagi penggerak ekonomi di Bumi Ragom Mufakat ini.

"Nanti saya perintahkan  Pak Sekda mengambil langkah-langkah selanjutnya. Saya perintahkan Sekretariat Baznas selamanya atau seterusnya di lantai bawah Masjid Agung, silahkan itu unt Baznas. Harapan saya buat program yang punya kreatifitas, inovasi dari seluruh jajaran Baznas. Kita harus belajar dari kesalahan masa lalu. Nawaitu saja yang baik, jangan mengutamakan ego pribadi, hindari berkotak-kotak, kerja saling gotong-royong membantu Pemkab Lamsel. Masalah fasilitas nanti kita pertimbangkan. Saya lihat dulul kreatifitas dan inovasinya. Untuk sementara kita pakai punya Pemkab dulu, siapa tahu kedepan Baznas bisa membeli kendaraan sendiri," tutup Nanang.

Seperti diketahui, Baznas yang baru dilantik Bupati Lamsel adalah hasil seleksi yang diadakan Pemkab setempat bulan Maret yang lalu. Adapun nama-nama yang dilantik menjadi Pimpinan dan Pelaksana Baznas periode 2022-2027 Lampung Selatan sebagai berikut :

Pengurus Komisioner : 

Ketua : A. Mukhlisin, S.Pd

Wakil Ketua Bidang : Zaini, S.Pdi

Pengumpulan : 

Wakil Ketua Bidang : Kusno Raharjo, SH

Distribusi dan Pendayagunaan :

Wakil Ketua Bidang : Ir. Zaenal Arifin, MTA

Perencanaan Pelaporan dan Keuangan : 

Wakil Ketua Bidang : Ujang Irawan

Adminiatrasi, SDM, Umum 

Pelaksana : 

Ketua Pelaksana : Andriansyah, SKM, M. Kes

Sekretaris Pelaksana : Hendra Gunawan, S.HI

Pelaksana Bidang        : Aar Hendraya Firdaus, SP

Pengumpulan Pelaksana Bidang        : Drs. Chairum Fansuri, HS

Distribusi dan Pendadayagunaan : 

Pelaksana Bidang : Mahmudi, S.Pd.i (Suradi).

Komentar

Berita Terkini