Belasan Warga Miskin Dan Lansia Terkesan Luput Dari Bantuan Sosial

harianfikiransumut.com | Besitang- Pendataan terhadap warga miskin Sepertinya tidak dijalankan secara maksimal.oleh petugas, akibatnya warga miskin yang seharunya.mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa bantuan Program BPNT, BLT Subsidi minyak goreng yang disalurkan Dinas Sosial melalui masing-masing kantor Pos.

Dugaan tidak maksimalnya pendataan yang dilakukan oleh petugas pemerintah di tingkat kelurahan /Desa terhadap warga miskin akibatnya banyak diantara mereka yang dikatagorikan miskin tidak mendapatkan bantuan yang telah menjadi Program Pemerintah Pusat.

Padahal selama terjadinya pandemi Covid 19, Intesitas angka penganguran kian bertambah. Eronisnya para warga miskin dan lansia sebelumnya telah mendapatkan bantuan dari pemerintah, Namun belakangan ini mereka tidak lagi menerima bantuan berbentuk apapun 

Seperti halnya yang dialami oleh Ramlah (71) merupakan Lansia dan Marni(45), Eli Erawati (31) warga lingkungan 1 Bukit Tangga Kelurahan Bukit Kubu Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. 

Mereka mengaku, sebelumnya pernah menerima bantuan pada awal 2021 lalu berupa beras, tapi sejak beberapa bulan ini, kami tidak lagi mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah, kata warga yang kurang mampu tersebut. 

Kepada harianfikiransumut.com, belum lama ini Eli Erawati mengatakan jika Kami tidak mendapat bantuan dari pemerintah, saya kira tidak wajar, karna Gubuk yang  tempat ini hampir rubuh dan masih menumpang.

Menurutnya, banyak warga yang mampu tapi mereka mendapatkan bantuan seperti PKH, BPNT dan BLT, kenapa kami yang jelas miskin tidak punya apa-apa malah tidak mendapatkan bantuan apa-apa, kata Eli Erawati. 

Terpisah, Kepala Lingkungan 1 Bukit Tangga, Hendra dikonfirmasi awak media disela-sela penyaluran Dana Batuan Subsidi Minyak goreng di Mapolsek Besitang, Kamis (28/4/2022), Ia mengatakan, saya tidak tau terkait warga yang saat ini tidak menerima bantuan, karna sebelumnya di lingkungan 1 ada 21 KK yang pernah menerima bantuan dari Pemerintah.

Belakangan ini, dari 21 KK yang pernah menerima bantuan, tapi pada 2022 ini hanya 4 KK yang masih mendapatkan Dana bantuan dari pemerintah, Kata Hendra. 

Terkait banyaknya warga miskin yang luput dari bantuan Pemerintah, Eva Mayandar selaku TKSK Kecamatan Besitang dikonfirmasi awak media mengatakan, kalau tentang banyaknya warga yang tidak mendapatkan.bantuan itu, saya tidak tau, karna semua data langsung dikirim petugas Desa dan Kelurahan ke Dinas Sosial melalui aplikasi Cek Andy, kata Eva Mayan.

Beliau juga mengatakan berapa jumlah PKM yang sudah menerima batuan Baik itu BPNT atau BLT subsidi minyak goreng, berapa  jumlahnya kami juga tidak tau, karna pencairannya melalui Kantor Pos, pungkasnya mengakhiri.(Ramlan.az)

Komentar

Berita Terkini