Universitas Islam Labuhanbatu (UNISLA) Wisuda 367 Wisudawan-Wisudawati

harianfikiransumut.com |Labuhanbatu- Universitas Islam Labuhanbatu (Unisla) mewisuda mahasiswa/mahasiswi ke-XVI Tahun 2022 di Aula Asrama Haji Jalan Sisingamangaraja , Rantauprapat, Labuhanbatu, Sabtu (12/03/2022). 

Wisuda turut dihadiri Penjabat Bupati Labuhanbatu yang mewakili, Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Hj. Juraidah Harahap, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumut Prof.Dr.Ibnu Hajar,M.Si, dan Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Ma’Arif Labuhanbatu, Ketua Nadhalatul Ulama (NU) Labuhanbatu M.Ali Azhar Samosir,S,Hi, Tokoh Pendidikan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Pembantu Rektor Bidang Akademik Unisla, Drs. Abdul Manan Ritonga,SE.M.AP dalam laporannya menyebutkan, mahasiswa yang diwisuda sebanyak 367 orang , terdiri dari mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan sebanyak 139 orang dengan di beri gelar Sarjana Pendidikan ( S.Pd ), Fakultas Ekonomi 169 orang dengan di beri gelar Sarjana Ekonomi (S.E), Fakultas Teknik 30 orang dengan di beri gela Sarjana Teknik (S.T), dan Fakultas Pertanian 29 orang dengan di beri gelar Sarjana Pertanian (S.P).

Rektor Unisla Dra.Annim Hasibuan,M.Pd dalam sambutannya mengatakan, “ Selamat kepada wisudawan-wisudawati, pencapaian saudara tak terlepas dari dukungan orang tua, dosen dan diri sendiri, agar menerapkan ilmu yang di peroleh dari kampus Unisla ini untuk di terapkan dan diaplikasikan kepada nusa dan bangsa. Dan Ilmu tersebut harus di terapkan untuk kemaslahatan umat manusia. Sehingga Mahasiswa-mahasiswi di siapkan untuk memiliki kompentensi yang di miliki sesuai dengan Program studi masing-masing.

Menurut Annim Hasibuan, “ Wisuda merupakan momen yang dinantikan oleh lulusan perguruan tinggi dan orang tua serta keluarga masing-masing, karena merupakan upacara akademik yang menjadi akhir dari proses pendidikan setiap mahasiswa, meski sebenarnya proses belajar dan memperoleh pendidikan tidak pernah berhenti dalam denyut kehidupan manusia.

Menurut Rektor Unisla, Peran kampus merdeka di masa pandemik adalah dimana sebagai seorang Mahasiswa diharapkan dengan Program Kampus Merdeka, mahasiswa harus mempunyai kapasitas baru untuk memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) di masa depan, yang siap untuk berpengalaman hari ini dan merancang sesuatu program Ilmu untuk di hari esok.

“ Dengan program Kampus Merdeka, kini pihak perguruan tinggi dituntut untuk mengembangkan strategi pendidikan agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang lebih adaptif dalam penguasaan teknologi serta siap bersaing dalam era ekonomi digital,” katanya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumut Prof.Dr.Ibnu Hajar,M.Si, dalam sambutanya menyampaikan, “ Selamat kepada Adik-adik mahasiswa/I Universitas Islam Labuhanbatu yang di wisuda hari ini, ini merupakan tonggak awal untuk mengaplikasi dan menjalani ilmunya ke kehidupan dunia nyata, agar Ilmu tersebut berguna bagi Nusa dan Bangsa, maka konsep Ulul Albab di pergunaka, kenapa demikian, karena Manusia di ciptakan Oleh Allah Swt sebagai manusia adalah Orang yang berakal, maka dengan Akal kita menggunakan ilmu yang di pelajari di kampus selama Pendidikan untuk kemaslahatan Umat Manusia, dan karena dengan Ilmu, kita di mulaikan oleh Allah Swt. “

Menurut Ibnu Hajar, “ Menghadapi tantangan global yang semakin berat, dibutuhkan generasi muda dengan sumber daya manusia yang berkualitas, siap bersaing dalam berbagai dimensi kehidupan.

“ Pendidikan berkualitas adalah kata kunci terciptanya masyarakat dan generasi muda yang mandiri, cerdas, berkepribadian, bermartabat, memiliki mental dan karakter bangsa serta percaya diri yang tinggi, sehingga siap menghadapi tantangan di masa datang.” tutupnya.(M,Syarif)

Komentar

Berita Terkini