Meranti dan BBPOM Pekanbaru Tandatangani Komitmen Bersama

harianfiransumut.com | MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menandatangani Komitmen Bersama Tiga Program Prioritas Nasional terkait keamanan pangan dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Pekanbaru, Senin (7/3/2022).

Dalam kegiatan yang diisi dengan silaturahmi dan makan malam bersama itu, Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil meminta BBPOM Pekanbaru selalu melibatkan pemerintah daerah dalam setiap kegiatan yang dilakukan di wilayahnya.

"Nanti kalau turun mau razia libatkan Satpol PP. Dan tolong secepatnya lakukan monitoring keamanan pangan barang-barang yang beredar, apalagi menjelang ramadan ini," sebut Bupati.

Dia pun menyambut baik komitmen tersebut dan menginstruksikan jajaran terkait di lingkungan Pemkab Meranti turut bersama BBPOM Pekanbaru menyukseskan program nasional itu.

"Ini tanggung jawab kita dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman, bermutu dan bergizi. Terutama di masa pandemi covid-19 seperti saat ini," ujarnya.

Menurut Adil, program keamanan pangan perlu didukung oleh semua pihak, bukan hanya unsur pemerintah akan tetapi melibatkan semua elemen termasuk masyarakat. Untuk itu, dia mengajak untuk bersama mengawasi makanan dan minuman yang beredar di lingkungan jajanan sekolah maupun masyarakat secara luas.

"Mari kita saling bahu-membahu menyukseskan program nasional ini," ajak H.M Adil.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Pekanbaru Yosef Dwi Irwan menyampaikan apresiasi atas perhatian dari Pemkab Meranti yang telah mendukung tiga program pangan aman dan bermutu tersebut.

"Jika berbicara pangan tentunya ini merupakan masalah yang sangat penting karena menyangkut aspek kesehatan, ekonomi, ketahanan nasional dan daya saing bangsa," ujarnya.

Adapun tiga program pangan nasional tersebut, dijelaskan Yosef, yakni Pangan Jajanan Anak Sekolah, Pangan Aman Berbasis Komunitas dan Desa Pangan Aman. Untuk itu dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap program ini, dibutuhkan kerjasama terutama unsur pemerintah daerah.

"Jadi tiga program ini memang berbasis komunitas, jadi nanti akan dibentuk komunitas agar program ini dapat berjalan secara simultan dan berkelanjutan," ucapnya.

Turut mendampingi Kepala BBPOM Pekanbaru itu, Nunang Ganis Yatlinar Penanggungjawab Pangan Jajanan Anak Sekolah, Sonya Annisa Penanggungjawab Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dan Yudha Agus Pranata Barutu Penanggung jawab Desa Pangan Aman.

Sedangkan ikut bersama Bupati Adil menandatangani Komitmen Bersama Tiga Program Nasional tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kepulauan Meranti. Kemudian juga ada unsur OPD, seperti Dinas Kesehatan, Disdagprinkop, Dinas Pendidikan dan Bappeda, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas PMD serta Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Sosial.

Turut hadir dalam kegiatan yang berlangsung di Pendopo DPRD Kepulauan Meranti itu, Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti, Kepala Kantor Kesbangpol dan Kepala Satpol PP Meranti. (Karim)

Komentar

Berita Terkini