Kapolres Tebing Tinggi Lepas Personil Operasi Keselamatan Toba 2022

Keterangan Foto : Kapolres Tebing Tinggi AKBP Mochamad Kunto Wibisono S.H.,S.IK.,M.Si saat memeriksa kesiapan personil.

harianfikiransumut.com | Tebing Tinggi - Kapolres Tebing Tinggi AKBP Mochamad Kunto Wibisono S.H.,S.IK.,M.Si selaku Pimpinan Apel memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan "Operasi Keselamatan Toba 2022"dalam rangka Meningkatkan Kepatuhan dan Disiplin Masyarakat Dalam Berlalu Lintas Dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Dimasa Pandemi Covid 19 di Wilayah Hukum Polres Tebing Tinggi. Selasa (1/3/22) Pagi, Di Lapangan Apel Polres Tebing Tinggi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Kompol Asrul Robert Sembiring, S.H.,M.H.,Para PJU Polres Tebing Tinggi,Batalion B Sat Brimob Tebing Tinggi,Dansub Denpom Tebing Tinggi, Kapten CPM Hendra,Koramil 13 Tebing Tinggi,Dinas Perhubungan Kota Tebing Tinggi,Para Perwira,Para Bintara

Dalam Arahannya, Kapolda Sumut yang dibacakan Kapolres Tebing Tinggi 
Salam Presisi meyampaikan, Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa Atas Segala Limpahan Rahmat Dan Karunia-Nya, Karena Pada Pagi Hari Ini Kita Semua Dapat Hadir, Pada Apel Gelar Pasukan Operasi Mandiri Kewilayahan “keselamatan Toba - 2022”, Di Tempat Ini Dalam Suasana Penuh Kebersamaan Serta Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan. 

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ini Dilakukan Secara Serentak Di Seluruh Jajaran Polda Sumut Dengan Tujuan Sebagai Bentuk Kesiapan Personel Dan Sarana Prasarana Yang Akan Dilibatkan Pada Operasi “keselamatan Toba - 2022” Sekaligus Menunjukkan Kesiapan Penyelenggaraan Operasi Kepada Publik Sehingga Masyarakat Sumatera Utara Dapat Patuh Dan Disiplin Dalam Berlalu Lintas Sehingga Angka Pelanggaran Maupun Kecelakaan Lalu Lintas Dapat Menurun Dan Penyebaran Pandemi Covid-19 Dapat Dicegah. 

Adapun Sasaran Operasi “keselamatan Toba - 2022” Yakni Para Pelaksana Operasi Mampu Mengantisipasi Segala Bentuk Potensi Gangguan, Ambang Gangguan Dan Gangguan Nyata Sebelum, Pada Saat Dan Pasca Operasi, Yang Dapat Menghambat Dan Menganggu Kamseltibcarlantas Serta Penyebaran Pandemi Covid-19 Khususnya Menjelang Bulan Ramadhan Dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. 

Para Peserta Apel Yang Saya Hormati Dan Yang Saya Banggakan, 
Operasi  "Keselamatan Toba” 2022 Dilaksanakan Selama 14 (Empat Belas) Hari, Mulai Dari Tanggal 01 Maret Sampai Dengan Tanggal 14 Maret 2022 Dengan Target Operasi Yakni Masyarakat Pengguna Jalan, Kendaraan Angkutan Umum Dan Pribadi, Titik Lokasi Rawan Kemacetan, Pelanggaran Dan Kecelakaan Lalu Lintas Serta Kegiatan Masyarakat Dalam Berlalu Lintas Yang Dapat Menimbulkan Gangguan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban Dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas). 

Operasi "Keselamatan Toba - 2022” Ini Dilaksanakan — Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : Sti211/0Ps.4.5./2022 Tanggal 28 Januari 2022 Tentang Direktif Pelaksanaan Operasi Bidang Lalu Lintas Tahun 2022. Pada Operasi Ini Polda Sumut Melibatkan 2.299 (Dua Ribu Dua Ratus Sembilan Puluh Sembilan) Personel Polda Sumut Yang Terdiri Atas Satgas Polda Sumut 150 Personel,Satgas Kewilayahan 2.149 Personel. 

Strategi Yang Diterapkan Dalam Operasi Ini Mengedepankan Kegiatan Preemtif, Preventif Dan Persuasif Yang Humanis. Hal Ini Sebagaimana Yang Tercantum Pada Rencana Operasi “keselamatan Toba - 2022” Yang Bertujuan Untuk Meningkatkan Kepatuhan Dan Disiplin Masyarakat Dalam Berlalu Lintas Serta Sebagai Sarana Untuk Memberikan Sosialisasi Kepada Masyarakat Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan Guna Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19. Ucap Kapolres.

Para Peserta Apel Yang Saya Hormati Dan Yang Saya Banggakan, sambung Kapolres, 
Berdasarkan Data Yang Ada, Untuk Hasil Pelaksanaan Operasi “keselamatan Toba - 2021” Sebagai Berikut, Pelanggaran Lalu Lintas 11.436 Kali, Tilang 590 Kali,
Teguran10.846 Kali, Kecelakaan Lalu Lintas Jumlah Kejadian 87 Kejadian,
Korban Meninggal Dunia 16 Orang,
Korban Luka Berat 50 Orang.

Selanjutnya, Korban Luka Ringan 89 Orang, Korban Materiil Rp. 426.785.000,Kegiatan Dikmas Lalu Lintas Media Cetak 395 Kali, Media Elektronik 1.227 Kali, Media Sosial 1.647 Kali, Pada Daerah Rawan Laka Dan Pelanggaran 1.035 Kali, Penyebaran / Pemasangan Spanduk 11.274 Kali, Leaflet 1.875 Kali,Sticker 7.627 Kali,Billboard 660 Kali,Kegiatan Turjawali Lalu Lintas Pengaturan 7.620 Kali,Penjagaan 2.576 Kali,Pengawalan 404 Kali,Patroli 3.323 Kali. Ungkap Kapolres.

Lebih Lanjut Kapolres menguraikan, Target Capaian Pada Operasi “keselamatan Toba -2022” Antara Lain,Memutus Mata Rantai Penyebaran Pandemi Covid-19 Dan Mencegah Terjadinya Kerumunan Massa,Terjadinya Kamseltibcar Lantas Pada Jalur Tol, Arteri Dan Tempat Wisata,Memperlancar Arus Lalu Lintas Dan Menurunkan Angka Kecelakaan Lalu Lintas Dan Jumlah Fatalitas Korban Kecelakaan,Menurunkan Level Ppkm Di Wilayah Kabupaten / Kota Pada Provinsi Sumatera Utara. 
 
Kapolres menekankan, Guna Untuk Mencapai Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Operasi, Saya tekankan Cara Bertindak Pada Operasi “keselamatan Toba - 2022” Untuk Dipedomani Dan Dilaksanakan Antara Lain, Lakukan Deteksi Dini,  Penyelidikan, Pengamanan, Penggalangan Dan Pemetaan Terhadap Lokasi Rawan Terhadap Kemacetan, Pelanggaran Dan Kecelakaan Serta Lokasi Rawan Penyebaran Covid-19,

Berikan Pembinaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat Tentang Kamseltibcarlantas Dan Bahaya Penyebaran Virus Corona Melalui Kegiatan Sosialisasi Seperti Pemasangan Spanduk, Banner, Baliho, Penyebaran Leaflet Dan Stiker,Tingkatkan Edukasi, Penerangan Dan Bangun Kesadaran Masyarakat Untuk Tertib Berlalu Lintas Dan Mematuhi Protokol Kesehatan, 

Optimalkan Publikasi Tertib Lalu Lintas Dan Mematuhi Protokol Kesehatan Melalui Media Massa Baik Media Elektronik, Cetak Dan Media Sosial,Gunakan Handy Talky Dan Alat Komunikasi Lainnya Sebagai Sarana Komunikasi Dengan Kesatuan,Utamakan Keselamatan Jiwa, Alat Utama Dan Alat Khusus Yang Digunakan Dalam Operasi.

Lakukan Tindakan Terhadap 9 (Sembilan) Pelanggar Prioritas Yaitu Pengemudi Ranmor Yang Menggunakan Handphone, Pengemudi Ranmor Masih Di Bawah Umur, Berboncengan Lebih Dari 1 (Satu) Orang, Tidak Menggunakan Helm Sni, Mengemudikan Ranmor Dalam Pengaruh Alkohol.

Melawan Arus, Pengemudi Ranmor Yang Tidak Menggunakan Safety Belt Dan Mengemudikan Ranmor Secara Ugal-Ugalan Serta Pelanggaran Over Dimension Dan Over Load (Odol), Laksanakan Penugasan Dengan Berperilaku Simpatik Dan Mengutamakan Pelayanan Prima. Tegas Kapolres.

Di penutup Kapolres menyampaikan, Saya Mengucapkan Terima Kasih Dan Penghargaan Yang Setinggi - Tingginya Kepada Seluruh Personel Yang Terlibat Pada Operasi “keselamatan Toba - 2022”. Semoga Pengabdian Tugas Yang Saudara Berikan Menjadi Amal Ibadah Di Hadapan Tuhan Yang Maha Esa. 

Demikian Amanat Saya, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa Senantiasa Memberikan Bimbingan, Kekuatan Dan Perlindungan Kepada Kita Dalam Melanjutkan Pengabdian Yang Terbaik Kepada Masyarakat, Bangsa Dan Negara. tutup Kapolres.

Usai pelaksanaan Apel kegiatan Dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan dan kenderaan operasional oleh Pimpinan Apel.(Naz)


Komentar

Berita Terkini