Forum Ikatan Solidaritas Masyarakat Jawa Dolok Peringati Isra' Mi'raj 1443 H,

 

harianfikiransumut.com | Simalungun - Forum Ikatan Solidaritas Masyarakat Jawa Dolok bersama Masyarakat Desa Tangga Batu Hatonduhan peringati Isra' Mi'raj 1443 H, acara dilaksanakan di Masjid At Taqwa  Minggu, 27 maret 2022.

Memperingati Isra' Mi'raj merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia, untuk mengingat kembali perjalanan dan perjuangan Nabi Muhammad SAW.

Disela-sela kegiatan, salah seorang tokoh agama, Hariadi menuturkan sekilas kisah isra mi'raj yakni ,"terjadinya isra' dan mi'raj berlangsung pada tahun kesedihan bagi Rasulullah yaitu ketika dirinya baru saja ditinggal oleh orang terdekatnya.

Saat itu juga, Allah SWT mengutuskan Malaikat Jibril untuk membawa Nabi Muhammad melakukan perjalanan mulianya sebagai bentuk penghiburan dari Allah SWT.

Diawal perjalanan isra' mi'raj Nabi Muhammad SAW juga menerima perintah Shalat dari Allah yaitu 50 waktu dalam sehari semalam, namun setelah diberi keringanan oleh Allah SWT, maka jadilah 5 waktu sehari semalam.

Untuk itu, ia juga menghimbau agar kita memperbanyak amal sholeh, jadikanlah peristiwa isra' mi’raj Nabi Muhammad SAW sebagai media atau pedoman pencerahan bagi sikap dan tindakan kita, sehingga dari waktu ke waktu, hari hari ke hari, amaliah kita akan terus mengalami peningkatan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Dijelaskannya, diantara pesan moral yang terkandung dalam pelaksanaan shalat adalah terciptanya secara nyata sebuah tatanan masyarakat, yaitu terbentuknya sifat adil, jujur, santun, kasih sayang dan persaudaraan.

Untuk itu, beliau mengajak kita semua agar lebih memantapkan ibadah sholat, karena amalan yang pertama kali dihisab kelak adalah sholat. kualitas sholat perlu kita tingkatkan dengan melakukan sholat berjamaah di Masjid,dan jadikanlah Masjid sebagai tempat kita menjalin silaturrahmi sesama muslim dengan satu tujuan yaitu mendirikan sholat fardhu berjamaah. (R Sirait )

Komentar

Berita Terkini