Diduga Akibat Tebar Tangkos, Warga Nagori Tangga Batu Panen Lalat

harianfikiransumut.com | Simalungun - Lalat merupakan serangga yang sifatnya mengganggu dan membawa banyak kuman yang tidak baik bagi kesehatan manusia, seperti kuman yang menyebabkan penyakit tubercolosis, antaraks, tipus serta diare.

Untuk saat ini, serangga jenis lalat banyak di temui di rumah rumah warga Nagori Tangga Batu Kecamatan Hatonduhan wilayah yang berbatasan langsung dengan areal afdling 3 unit Balimbingan.

Kemunculan serangga jenis lalat ini di duga akibat adanya pengadaan tangkos kelapa sawit di areal Tanaman Ulang (TU)  kebun PTPN 4 unit balimbingan tepatnya di afdling 3 (tiga), sebab masyarakat memahami setiap adanya pengadaan tangkos kelapa sawit di afdling 3 tersebut areal pemukiman warga yang berbatasan langsung dengan areal kebun PTPN IV unit Balimbingan ini kerap di datangi jenis serangga lalat dan ini terjadi sudah tiga periode dan tepatnya di saat pihak perkebunan kelapa sawit Afdiling 3 melakukan pemupukan jenis organik berupa tangkos kelapa sawit.

Seperti pernyataan salah satu warga dari dusun Jawa dolok ini ( tidak berkenan identitasnya disebutkan ) menyatakan bahwa ,"sudah tiga kali pihak perkebunan melakukan pemupukan jenis organik (Tangkos) dan tiga kali juga di pemukiman warga banyak terdapat lalat, seperti saat ini warung kami serta rumah rumah warga sekitar selalu di hinggapi banyak lalat, orang mau makan atau minum pun merasa terganggu," ucapnya.

Begitu juga Sukiman, salah satu warga dari dusun Kampung tempel kepada media (Rabu, 15 /3 /2022),mengatakan,  merebaknya lalat di pemukiman warga, mengakibatkan terganggunya waktu istrahat di rumah, bahkan warung - warung pun merasa di rugikan akibat merebaknya lalat yang bersumber dari tangkos itu, terlebih disaat pengunjung hendak minum kopi di warung menjadi terganggu,"ucap nya.

Untuk itu, masyarakat berharap agar kiranya pihak terkait yakni pihak kebun afdling 3 unit Balimbingan agar bisa memberikan solusi ke masyarakat agar merebaknya serangga lalat di pemukiman warga bisa segera di atasi,dan agar adanya kontrobusi pihak kebun ke masyarakat sekitar yang berbatasan langsung dengan areal HGU PTPN IV unit Balimbingan, khususnya di afdling 3 .

Saat media fikiransumut.com melakukan konfirmasi melalui whattsapp ke pihak kantor afdling 3 serta ke Asisten SDM unit Balimbingan juga belum mendapatkan keterang lebih lanjut, terkait keluhan warga sekitar.( R.Sirait )

Komentar

Berita Terkini