Beraksi Melakukan Pencurian Di Kebun Pabatu Dua Warga Gunung Para Di Giring Ke Sel

harianfikiransumut.com : Tebing Tinggi - Dua a orang pria pelaku pencurian berondolan buah sawit di PTPN IV Kebun Pabatu diserahkan pihak sekuriti perkebunan ke Mapolsek Dolok Merawan Resor Tebing Tinggi, Sabtu (12/3/22).

Pelapor merupakan sekuriti/satpam di Kebun Pabatu bernama Sumadi (48) warga Dusun I Desa Pabatu VI Kec. Dolok Merawan Kab. Serdang Bedagai berdasarkan kesaksian dari Muhammad Mustapa (20) dan Khenu Frans Panggabean (31) juga merupakan pihak sekuriti di perkebunan tersebut.

Hal ini tertuang dalam Laporan Polisi Nomor  : LP/ B / 09 / III / 2022 / SPKT / Polsek Dolok Merawan / Polres Tebing Tinggi / Polda Sumut, tanggal 12 Maret 2022, dalam perkara Pencurian dimaksud dalam Pasal 363 Ayat (1) KUHPidana Yo Psl 107 huruf d UU RI No. 39 Thn 2014 tentang Perkebunan dengan.

Sementara kedua pelaku berinisial AA (31) dan HVS (21) pengangguran warga Desa Gunung Para II Kec. Dolok Merawan Kab. Serdang Bedagai.
Dari tangan dua pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa 4(Empat) goni plastik berondolan sawit dengan berat total 250 Kg, 1(satu) unit sepeda motor Yamaha F1ZR tanpa no.pol dan 1(satu) unit becak sewa/penumpang motor Mega Pro no. pol BK 2330 NAA warna hitam.
Kepada wartawan melalui Kasi Humas AKP Agus Arianto,menjelaskan, bahwa pada  hari Jumat kemarin (11/3/22) sekira pkl. 16.00 wib,  sekuriti perkebunan PTPN IV Pabatu sedang melaksanakan patroli di areal Afd III Blok 05 AG, Desa Pabatu I Kec. Dolok Merawan Kab. Sergai.

Saat itu, pada jarak 100 meter petugas sekuriti melihat 2 laki-laki sedang melangsir berondolan sawit yang sudah dimasukkan dalam goni plastik dari areal hingga ke depan rumah dipinggir jalan yang berdekatan dengan areal kebun sebanyak 4 goni.

Akan tetapi, para sekuriti tetap melakukan pengintaian, hingga beberapa saat kedua pelaku menghentikan becak sewa/penumpang yang melaju dari arah Pematang Siantar menuju Tebing Tinggi.
Lalu 4 goni berondolan sawit dimasukkan kedalam becak sewa dan salah satu pelaku ikut dan melaju kearah Tebing Tinggi dan diikuti salah seorang pelaku dari belakang dengan mengendarai sepeda motor jenis yamaha F1ZR tanpa plat.

Melihat hal tersebut kedua sekuriti/saksi menghubungi pelapor dan akhirnya disepakati untuk dilakukan penangkapan di rel Pabatu, tiba di lokasi akhirnya kedua pelaku diamankan berikut barang bukti dan selanjutnya dibawa ke Pos sekuriti. 

Kemudian, pada hari Sabtu (12/3/22) pihak perkebunan membuat laporan.Dalam hal ini pihak perkebunan merasa keberatan dan tidak terima dengan perbuatan pelaku yang sudah sering melakukan pencurian sawit milik kebun Pabatu dengan total kerugian sebesar Rp 750.000 dari 250 Kg berondolan sawit x Rp 3.000.

Lebih lanjut, kedua pelaku diserahkan ke Polsek Dolok Merawan untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku, namun berhubung kedua pelaku sudah pernah dihukum dan menjalani putusan pengadilan serta inkrah dalam perkara pencurian, maka terhadap kedua pelaku dikenai pidana biasa dan setelah dilengkapi mindik akan dilakukan penahanan guna proses selanjutnya,tutup Kasi Humas.(Naz)


Komentar

Berita Terkini