Banjir Kembali Rendam Pemukiman Warga Di Bendahara

harianfikiransumut.com|: Aceh Tamiang – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, mengakibatkan beberapa Kampung (Desa-red) yang berada di wilayah hilir, tepatnya di Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang, Kembali Direndam Banjir, Selasa, 1 Maret 2022.

Menurut Amir Hamzah (45) warga Kampung Balai, Kecamatan Bendahara mengatakan, bahwa untuk Kondisi ketinggian air saat ini di pemukiman warga berkisar 30-80 Cm.

Air sungai kembali menggenangi rumah warga pada dini hari, sekira pukul 00.30 Wib dan saat ini kondisi air sungai semakin terus meningkat disertai hujan, kata Amir.

Saat ini sebagian rumah warga sudah ada yang terendam, namun, warga belum ada yang mengungsi dan masih memilih menetap tinggal di rumah masing-masing.

Amri menyebutkan, air sungai juga  merendam di 4 dusun Kampung Balai, yakni Dusun Batang Cengal, Dusun Alur Panjang Dusun Rambutan dan Dusun Pasar Rintis.
Selain merendam pemukiman warga, kata Amri, banjir juga merendam dilahan sektor perkebunan, pertanian berupa tanaman  cabe, timun, kacang panjang, ubi, kangkung, bayam dan juga di areal persawahan yang telah tenggelam hingga 90 persen.

Mewakili masyarakat petani di Kampung Balai, Amri meminta kepada pemerintah daerah serta pihak-pihak terkait kiranya dapat memberikan solusi dengan mengalokasikan anggaran untuk penanganan terhadap tanggul yang jebol di Kampungnya.

Jika tanggul itu tidak di tanggulangi secara serius oleh Pemerintah, maka mata pencarian masyarakat di sektor pertanian akan lumpuh dan berdampak pada perekonomian masyarakat, ucapnya sembari mengharapkan agar kiranya tanggul tersebut dapat segera ditindaklanjuti.(Pakar)
Komentar

Berita Terkini