Warga Antusias Ikut Vaksin Massal Serentak Berhadiah di Taman Cikpuan

harianfikiransumut.com | MERANTI - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berhadiah di Taman Cikpuan Selatpanjang, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (22/2/2022) diikuti antusias oleh masyarakat.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH mengatakan, bahwa gelaran vaksinasi massal serentak tersebut sebagai upaya untuk mengejar target capaian. Disamping tujuan utamanya meminimalisir dari terjangkit virus Corona dengan resiko yang parah.

"Ini upaya kita bersama mengejar target minimal 90 persen untuk dosis 1 hingga akhir Februari ini. Kemudian 60 sampai 70 persen untuk dosis kedua. Kalau untuk booster, capaian kita masih rendah," ungkapnya. 

Lanjutnya, vaksinator yang bertugas dalam giat ini sebanyak 110 orang. Terdiri dari vaksinator Polres tim dan Puskesmas yang ada.

"Vaksinasi massal secara serentak berhadiah digerakkan Polda Riau. Untuk di Meranti, kita ada 24 titik dengan target 2.000 dosis pada hari ini. 

Andi Yul mengaku akselerasi capaian vaksinasi di Meranti memang lambat. Hal itu dikarenakan adanya hambatan geografis. Dimana daerah ini notabenenya terdiri dari pulau-pulau.

"Wilayah kita ini berpulau-pulau, hal itu agak menyulitkan tim untuk mobilisasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Kemudian juga, penduduk kita ini banyak yang diluar kabupaten untuk mencari kerja, sehingga itu membuat capaian kita agak lambat," jelasnya.Namun, dia tetap optimis dengan kerja tim vaksinator dalam mengejar target vaksinasi. Bahkan, ada juga tim yang melakukan kegiatan vaksinasi di malam hari demi kemanusiaan.

"Tim yang ada semua sudah siap bergerak turun ke desa-desa dan secara door to door mendatangi rumah warga.Termasuk sosialisasi kepada masyarakat dengan bekerjasama seluruh kecamatan dan aparat desa, babinsa, serta bhabinkamtibmas," ujar dia.

Ia membeberkan progres pencapaian vaksinasi di Kepulauan Meranti per tanggal 21 Februari kemarin, secara umumnya untuk dosis 1 berjumlah 134.100 orang atau sebesar 83,61 persen dan dosis 2 sebanyak 93.910 orang atau 58,55 persen. Sedangkan dosis 3 (booster) baru mencapai 3,08 persen atau sebanyak 4.938 orang

Sementara itu, Bupati Kepulauan Meranti, H Muhamad Adil SH, yang meninjau pelaksanaan vaksinasi massal serentak tersebut mengimbau seluruh masyarakat, mulai dari umur 6 tahun sampai lanjut usia (lansia) agar segera melakukan vaksin.

"Mari semuanya ikut vaksin. Jangan ragu dan takut, vaksin ini bisa membuat kita sehat dan merupakan anjuran pemerintah sebagai upaya meminimalisir penyebaran Covid-19. Dimana, sudah dinyatakan aman dan halal oleh pemerintah kita," ajak Bupati.

Pada vaksinasi serentak massal berhadiah paket sembako dan TV LED (hadiah utama) dan doorprize lainnya berupa peralatan rumah tangga tersebut ikut dihadiri para Kabag dan Kasat, PJU, serta puluhan personil Polres Kepulauan Meranti yang membantu dengan membawakan peserta yang mau vaksin. (Karim)

Komentar

Berita Terkini