Tandatangani MOUSiap Berikan Layanan Kesehatan WBP Lapas Klas IIA Rantauprapat

harianfikiransumut.com : Labuhanbatu - Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,M.KM didampingi Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar,S.Pd.MM melakukan penandatanganan MOU bersama Kalapas Klas IIA Rantauprapat Jayanta,SH.MH di Ruang Rapat Bupati, Kecamatan Rantau Selatan, Senin (21/02/2022).

Penandatanganan MOU merupakan bagian komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu dalam upaya memberikan fasilitas kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIA Rantauprapat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat.

Disitu, Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga mengatakan bahwa kesehatan merupakan hak bagi seluruh masyarakat Labuhanbatu. Baik itu diluar atau bagi warga binaan di dalam Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas IIA Rantauprapat.

“Kesehatan adalah hak seluruh masyarakat, baik itu diluar maupun didalam Lapas Klas IIA Rantauprapat. Melalui Dinas terkait, saya nyatakan siap memberikan fasilitas di RSUD,”Kata Bupati.

Dengan melakukan MOU ini, Bupati berharap dapat memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat yang ada di dalam Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Rantauprapat.

“Semoga dengan MOU ini kita dapat memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat didalam Lapas,”Harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas IIA Rantauprapat Jayanta,SH.MH menjelaskan, Lapas Klas IIA Rantauprapat memiliki kapasitas 375 orang. Namun, saat ada sebanyak 1.500 orang yang 90% nya merupakan warga Labuhanbatu induk.

“Saat ini ada sebanyak hampir 1.500 penghuni di Lapas kita, padahal kapasitasnya hanya 375 orang. Kondisi ini cukup memprihatinkan,”Jelas Jayanta.

Atas penandatanganan MOU ini, Jayanta mengucapkan terimakasih kepada Bupati Labuhanbatu yang telah peduli dan memberikan perhatian kepada masyarakat yang saat ini berada di Lapas Klas IIA Rantauprapat.

“Alhamdulillah terimakasih saya sampaikan kepada Bupati Labuhanbatu hari ini telah peduli dan memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan warga binaan lapas Rantauprapat,”Ucapnya.

Terkait Vaksinasi, Jayanta menyampaikan saat ini sudah 85% WBP di Lapas Klas IIA telah mendapatkan vaksinasi. Dia mengatakan kegiatan vaksinasi ini merupakan kerjasama antara Pemkab Labuhanbatu melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Hingga hari ini sudah 85% warga binaan lapas kelas IIA mendapat suntikan vaksinasi dan itu juga berkat kerjasama dengan Pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Dukcapil. Saya harap kerjasama ini terus terjalin dengan baik,”Ucapnya.

Turut hadir menyaksikan penandatanganan MOU tersebut, Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga, Wakil Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, Sekdakab Labuhanbatu Muhammad Yusuf Siagian, Asisten I pemerintahan Sarimpunan Ritonga, Direktur RSUD dr. Syafril M, Harahap, Kadis Kesehatan Kamal Ilham, Kadiskominfo Awaludin Hasibuan, Kaban BPKAD Indra Sila, Kabag Hukum Khairul Fahmi, Kabag Kerjasama Andre N.Manik dan beberapa pejabat Lapas.(M,Syarif)
Komentar

Berita Terkini