Termakan Usia, Pipa Induk PDAM Tirta Tamiang Bocor, Petugas Lakukan Perbaikan

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Pipa induk PDAM Tirta Tamiang untuk distribusi air ke pelanggan mengalami kebocoran. Menyikapi hal tersebut, PDAM Tirta Tamiang melakukan perbaikan langsung di titik pipa yang bocor, di Desa Bukit Rata, Kebun Tengah Kecamatan Kejuruan Muda.

Direktur Utama PDAM Tirta Tamiang, Ismail, SE kepada harianfikiransumut.com, Kamis, (6/1/2022) mengatakan, setelah mendapatkan informasi terkait adanya kebocoran pipa distribusi PDAM, sejak tadi pagi petugas sudah langsung melakukan upaya perbaikan. 

Kebocoran pipa induk itu terjadi sejak pagi  di jalan lintas Medan - B. Aceh tepatnya di depan SPBU di Desa Bukit Rata, Kebun Tengah Kecamatan Kejuruan Muda.

Menurutnya Pipa tersebut berdiameter 8 inci, akibatnya sejumlah pelanggan di wilayah kecamatan kejuruan muda menjadi terdampak terganggungnya layanan pendistribusian air bersih hingga proses perbaikan selesai. 

Ismail mengatakan, atas kejadian ini pihaknya meminta maaf kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan dalam memberikan pelayanan air bersih,” sebutnya.

Ditambahkan, kebocoran pipa induk tersebut dikarenakan faktor usia pipa yang sudah tua, seharusnya perlu dilakukan pergantian dengan pipa yang baru. 

Saat ini Petugas PDAM terus memperbaiki kebocoran pipa, dipastikan, perbaikan bisa diselesaikan pada hari ini juga, sebutnya.

Disisi lain, Ismail mengatakan, bahwa dalam perbaikan kebocoran pipa induk tersebut mengalami kesulitan, dikarenakan permukaan tanah telah di semen ditambah lagi adanya besi sebagai pengikat semen, kata Ismail.

" Untuk sementara kita lakukan perbaikan kebocoran pipa secara manual, namun jika terjadi kendala, kita akan turunkan alat berat untuk menggali dan menemukan pipa yang bocor", ungkap Direktur PDAM Tirta Tamiang, Ismail SE.


Penulis: Abdul Karim

Komentar

Berita Terkini