Masyarakat Desa Daluraman, Minta Pemerintah Bangun Dermaga Permanen

harianfikiransumut.com | Bengkalis - Masyarakat Desa Daluraman meminta kepada Pemda Bengkalis untuk dapat membangun pelabuhan/dermarga rakyat, di dusun Pangkalan Durian dan Telok Tungku.

Permintaan pembangunan dermaga atau pelabuhan oleh masyarakat itu  disampaikan oleh Kepala Desa Daluraman, Pramujo Rosit.SH bertujuan untuk memperlancar mobilisasi transportasi laut dalam mengangkut hasil produksi bagi para nelayan serta masyarakat.

Menurutnya, Permintaan pembangunan dermaga itu telah berulangkali diusulkan, baik dalam Musrenbang tingkat Desa hingga ke tingkat kecamatan, namun hingga sampai saat ini belum juga terealisasikan, kata Pramujo Rosit.SH.

Dijelaskan, saat ini kondisi dermaga tersebut tercatat dibangun pada tahun 1985 atau telah berusia kurang lebih 37 tahun dan dibangun secara swadaya oleh masyarakat bahkan sebelum ada pemekaran desa.

Kades Daluraman yang akrab disapa Bram itu mengatakan, pulau rupat merupakan pulau terluar yang berada di kabupaten Bengkalis. identiknya pulau Rupat itu dikelilingi oleh lautan yang berbatas antara selat Melaka dan bertetangga dengan Negara dan jalur yang selalu dilintasi oleh kapal chargo dan tanker, .ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap  kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk dapat membangun pelabuhan tersebut secara permanen agar alat transportasi laut berupa perahu dan kapal serta aktivitas masyarakat dapat berjalan lancar.

Diketahui bernama, kondisi dermaga itu kondisinya sudah tidak layak lagi untuk difungsikan, berhubung bangunannya terbuat dari bangunan papan bahkan sudah tidak terawat, ungkap Kades.

Sementara itu, salah seorang anggota DPRD Bengkalis, Abdul Kadir S.Ag ketika dihubungi Wartawan melalui pesan WhatsAppnya, Jum'at, (14/1)mengatakan, bahwa terkait permohonan pembangunan dermaga itu telah diajukan ke pemerintah.

Namun, silahkan dikonfirmasikan ke Anggota Komisi 2 DPRD Kabupaten Bengkalis yakni ” Zamzami Harun ST. dan Ferry Situmeang. SE " ucap Abdul Kadir sembari mengarahkan wartawan untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut terkait usulan pembangunan dermaga.

Abdul Kadir anggota DPRD Bengkalis dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menjelaskan bahwa dirinya hanya  membidangi, bidang pendidikan, kesehatan dan pariwisata, pungkasnya.

Terpisah, di hari yang sama, Anggota DPRD Komisi 2 Bengkalis dapil Rupat /Utara Ferry Situmeang mengatakan jika dirinya sudah turun langsung ke lapangan bahkan sudah diajukannya ke pemerintah.

”Bapak sudah terlambat untuk mencari info. Saya sudah duluan menampung aspirasi masyarakat dan sudah turun langsung kelapangan dan sudah di ajukan kepemerintah kita,” tulisnya, Jum'at. (14/01)

Anggota DPRD Bengkalis dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu sangat getol memperjuangkan aspirasi masyarakat Rupat/Utara. 

Ia menambahkan terkait tanggapan keluhan masyarakat desa ”semua perlu proses pak, dan dibahas dulu oleh pemerintah kita,” tukas Ferry mengakhiri. ( Tim )

Komentar

Berita Terkini