Pertanyakan Pekerjaan Yang Amboradol,Oknum Aparat R Lecehkan Propesi Wartawan,

harianfikiransumut.com : Tanjung Morawa - Oknum aparat R, salah seorang berpakaian loreng hijau yang bertugas di Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang,  Sumatera Utara mencak-mencak karena wartawan mempertanyakan pekerjaan dari PU tentang pengaspalan badan jalan di Gang Annur dan Gang Inpres, Dusun III Desa Tanjungmorawa A Kecamatan Tanjungmorawa, pada Rabu (29/12/2021) sekira pukul 15:00 Wib.

Pengaspalan Gang/Jalan Inpres dan Gang/Jalan Annur itu dipertanyakan wartawan karena pekerjaan dari Dinas PU Deliserdang itu tidak mempunyai plang proyek alias disinyalir asal jadi dan diduga "siluman." 

Seharusnya, pihak pengelola pengaspalan badan jalan itu menjelaskan, bahwa pengerjaan pengaspalan jalan itu tidak mempunyai plang proyek, karena pengerjaan itu adalah pemeliharaan, biar jangan dituding "siluman."

Bahkan pengelola pengaspalan jalan itu juga telihat mencak-mencak juga karena ditanyakan tentang plang proyek dan pekerjaan berasal dari mana.

Kemudian, paling lucu, terlihat ada oknum R yang diduga sebagai pengawas proyek dan bertugas di Makoramil 16/TM, langsung marah-marah kepada wartawan. Lucunya, bukan dirinya (R) yang ditanya si wartawan, tapi R langsung mencak-mencak. Dengan kejadian itu, oknum R disinyalir mencoreng institusi atau lembaga yang berseragam loreng hijau (TNI AD).

Pengelola pengaspalan badan jalan dan si oknum aparat R itu mengatakan, konfirmasi aja ke PU, ini bukan urusan wartawan.

Mulai telihat si oknum aparat R mulai beringas, si wartawan langsung meninggalkan lokasi pengaspalan badan jalan itu, guna menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Menjadi pertanyaan di masyarakat, mengapa ada oknum R mengawasi jalannya pengaspalan badan jalan tersebut. Itu bukan tugas R dan daerah itu bukan daerah yang darurat seperti Papua.

Kepala Dinas PU Kabupaten Deliserdang, Janso S ketika dikonfirmasi lewat ponselnya mengatakan, "itu kegiatan pemeliharaan rutin, upah bahan...sifatnya pindah-pindah, makanya tidak menggunakan papan proyek..pembayarannya sesuai hasil "opname" di lapangan.

Dipertanyakan apa maksudnya pembayarannya sesuai hasil "opname" dilapangan, Janso menjawab, hasil pengukuran dan perhitungan dilapangan.

Direktur Eksekutif Gerakan Indonesia Bersih, Romi Makmur Rangkuti mengatakan, terkait pengaspalan badan jalan di Gang Annur dan Gang Inpres, Dusun III, Desa Tanjungmorawa A Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara itu, tidak ada urusan oknum berbaju loreng hijau. Seharusnya oknum aparat R itu harus memberikan contoh yang baik di masyarakat.

Oknum aparat TNI bukan mengawasi jalannya pelaksanaan pengaspalan badan jalan, kecuali di proyek darurat. Kemudian, oknum aparat R langsung mencak-mencak dan mengatakan, kalian wartawan hanya "Deren-Deren" aja, kata Romi menirukan ucapan oknum aparat berloreng hijau R.

Romi mengharapkan kepada pimpinan/lembaga berloreng hijau agar memberikan teguran kepada oknum aparat R agar jangan semboro mengeluarkan kata-kata yang tidak bersahabat di masyarakat.

Selain itu, pihak Dinas PU Kabupaten Deliserdang juga harus menurunkan anggota yang mengerti situasi lapangan.

Romi mengharapkan agar bupati Deliserdang dapat meninjau kembali posisi Janso S selaku Kepala Dinas PU Kabupaten Deliserdang kepada yang lebih mengerti di bagian pekerjaan umum. (Rom)
Komentar

Berita Terkini