Capaian Vaksinasi Covid-19 Di Kampung Alur Bemban Mencapai 85 Persen

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang -  Guna mendukung program pemerintah dan untuk membangun Herd Imunnity serta  menekan Lonjakan Kasus Aktif penyebaran Covid-19, masyarakat Kampung Alur Bemban Kecamatan Baru antusias ikut Divaksin, Kamis, (30/12).

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut digelar oleh tenaga kesehatan Puskesmas Karang Baru, turut didampingi Babinsa Koramil 02/Kbr, jajaran Kodim 0117/atam Bhabinkamtibmas bertempat di Kantor Datok Penghulu Kampung setempat.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh peserta sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, diantaranya; melakukan Registrasi/pendaftaran, Screaning, Vaksinasi/penyuntikan,  Pencatatan dan observasi.

Kemudian, beberapa penyakit bawaan yang tidak dapat divaksin seperti Hipertensi, Diabetes Melitus, Pernah Covid-19 dan penyakit penyerta lainnya dan harus melalui pemeriksaan dokter.

Disela-sela berlangsungnya kegiatan vaksinasi massal, Datok Penghulu Kampung Alur Bemban, Misnan mengatakan, hingga sampai saat ini jumlah masyarakatnya yang telah divaksin baik Dosis 1 maupun dosis 2 telah mencapai 85 persen.

Alhamdulillahi, dalam waktu singkat pelaksanaan vaksinasi massal di Kampung Alur Bemban hari ini terdata sebanyak 49 orang yang divaksin, masing-masing 42 orang disuntik vaksin Sinovac dan 7 orang disuntik vaksin Moderna.

Kemudian, untuk Dosis 2 sebanyak 16 orang dan untuk Dosis 1 sebanyak 32 orang, sedangkan untuk Dosis 3 terdapat 1 orang.Sebelumnya, kegiatan vaksinasi ini telah dilaksanakan beberapa kali di Kampung Alur Bemban, Kegiatan ini akan terus dilakukan untuk memutuskan penyebaran virus Covid-19, sehingga target vaksinasi dapat tercapai sesuai yang diharapkan oleh pemerintah, sebut Misnan seraya mengatakan hingga saat ini capaian vaksinasi Covid-19 di Kampung Alur Bemban telah mencapai 85 persen.

Datok Misnan juga mengimbau, mari kita lakukan protokol kesehatan dan mensukseskan vaksinasi, guna untuk menjaga imunitas tubuh, ungkapnya sembari mengatakan jangan pernah takut untuk divaksin, karena vaksin itu aman dan nyaman, pungkasnya.

Kepala Puskesmas Karang Baru,Ns. Apal Azmi.S.Kep dikonfirmasi harianfikiransumut.com, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Karang Baru yang telah antusias untuk mengikuti kegiatan Vaksinasi jenis vaksin Sinovac dan Moderna untuk tahap I dan Tahap II.

Beliau juga mengapresiasi para Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Karang Baru bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang selama ini telah bekerja keras untuk memutus penyebaran Covid-19.

” Kita terus berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat dengan memberikan edukasi tentang pentingnya vaksin dalam rangka menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) di tengah-tengah masyarakat, agar kondisi tetap produktif, baik secara sosial maupun ekonomi,” sebut Kepala Puskesmas Karang Baru,Ns. Apal Azmi.S.Kep mengakhiri.

Pantauan media dilokasi kegiatan, Vaksinasi Covid-19 tersebut, Datok Penghulu Kampung Alur Bemban, Misnan, Kepala Dusun Damai, Sanijar, Babinsa Koramil 02/Kbr Serda Indarmawan, Bhabinkamtibmas Polsek Karang Baru, Briptu Eka Infra Satria turut mendampingi warga yang akan divaksin, kemudian tim vaksinator Petugas Puskesmas Karang Baru, dr. Zuhaini, Bidan Kampung Alur Bemban, Putri Hidayaningsih, Amd.


Penulis : Abdul Karim.

Komentar

Berita Terkini