Pencak Silat Sambut Kedatangan Tim Evaluasi IVA Test Provsu di Kualuh Selatan

harianfikiransumut. com - Labura : Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus, SE, MM, melalui Sekretaris Daerah H. Muhammad Suib, S.Pd, MM, menerima kunjungan Tim Evaluasi TP PKK Provinsi Sumatera Utara berkenaan Lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test, Senin (22/11) di aula kantor Camat Kualuh Selatan. 

Kunjungan Tim TP PKK Provsu  DRA.Delyana,Apt dan 
Fuji Astuty SKM ini bertujuan untuk melakukan peniliaian terhadap pelaksanaan IVA Test di Kecamatan Kualuh Selatan. 

Dalam kesempatan itu, Sekda mengatakan, salah satu dari sekian banyak program PKK yang bersentuhan langsung dengan masyarakat adalah pelaksanaan IVA Test. Diketahui lanjutnya, penyakit yang sangat mematikan yang kerap menyerang kaum wanita adalah kanker serviks.

Untuk itu, Bupati melalui Sekda meminta kepada TP PKK Labura, khususnya TP PKK Kecamatan Kualuh Selatan, lebih konsentrasi terhadap pelaksanaan program dengan terus melakukan monitoring secara mandiri, sehingga program ini dapat terukur dengan baik.

"Yang perlu ditanamkan saat ini adalah pelayanan iva test yang tiada henti kepada masyarakat, khususnya kaum wanita," ucap Sekda. 

Sebelumnya, Ketua TP PKK Labuhanbatu Utara Ny. dr. Rama Dhona Hendriyanto Sitorus melalui Wakil Ketua II Ny.Hj. Sri Wahyu Ramadhani Muhammad Suib mengucapkan selamat datang kepada Tim TP PKK Sumut. Juga mengungkapkan apresiasi yang tinggi atas komitmen Provsu yang ingin memajukan Labura melalui gerakan TP PKK.

Ia mengemukakan IVA Test termasuk Lomba PKK yang dilaksanakan sampai ke tingkat pusat, karena pada hakikatnya PKK sangat menaruh perhatian terhadap kesehatan kaum wanita, khususnya yang menyangkut kanker leher rahim atau kanker serviks.

"Kita selaku pengurus dan kader PKK haruslah sadar bahwa fungsi kita untuk mengedukasi masyarakat mengenai pencegahan kanker serviks benar-benar dilaksanakan dengan baik," sebutnya.

Selanjutnya, tim evaluasi dan rombongan mengunjungi Puskesmas Gunting Saga untuk mengecek dan meninjau langsung pelaksanaan iva test di Kecamatan Kualuh Selatan.
Komentar

Berita Terkini