Pemkab Aceh Tamiang Sosialisasikan Pembentukan Griya Sehat

Aceh Tamiang –  Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menyatakan kesiapannya untuk pembangunan Griya Sehat. Kesiapan tersebut disampaikan langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, dr. Catur Haryati, MARS pada kegiatan Sosialisasi Pembentukan Griya Sehat di Aula Dinas Kesehatan pada Selasa (23/11/21).

Mewakili Bupati Mursil, dr. Catur mengungkapkan bahwa Pemkab Aceh Tamiang sangat mendukung dan berterima kasih atas rencana pembentukan Griya Sehat di Bumi Muda Sedia. Hadirnya Griya Sehat nantinya, akan menambah fasilitas kesehatan di Aceh Tamiang.

Dikatakan, Pemkab sangat mengapresiasi program Kemenkes tersebut. menurutnya, Griya Sehat salah satu inovasi dalam bidang pelayanan kesehatan masyarakat. Pembangunan Griya Sehat nantinya akan melengkapi usaha Pemkab yang kerap mengampanyekan gaya hidup sehat dan pemanfaatan tanaman obat keluarga untuk membantu memelihara kesehatan masyarakat. Terlebih, nama Aceh Tamiang sendiri pernah harum sebagai Juara Nasional Asman Toga.

“Aceh Tamiang sendiri pernah meraih juara tingkat nasional Asman Toga pada tahun 2018/2019. Perolehan tersebut diharapkan dapat mempercepat terealisasinya Griya Sehat”, sebutnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan, Ibnu Aziz mengatakan, dinasnya sudah menyiapkan lokasi dan kelengkapan lainnya guna mewujudkan pembangunan tersebut.

“Aceh Tamiang sudah menyiapkan lahan dan hal lainnya dengan matang. Kami berharap Kementerian Kesehatan dapat langsung memberikan kepastian kapan akan dimulainya praktik Griya Sehat di Aceh Tamiang, apakah dapat direalisasikan pada tahun 2022 atau 2023”, begitu ungkap Ibnu Aziz menyatakan kesiapannya.

Ditanya mengenai realisasi terbangunnya Griya Sehat di Bumi Muda Sedia, Perwakilan Kementerian Kesehatan RI, Kasubdit Pelayanan Kesehatan Tradisional dr. Gita Swisari memaparkan terkait hal tersebut.

“Konsep pelayanan kesehatan pada Griya Sehat nantinya, ada pijat, herbal, jamu hingga akupuntur. Sementara dalam pembangunannya, akan dibangun tempat yang dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasarana bersama dengan tenaga kesehatan terampil di bidangnya”, sebut Gita menerangkan.

Dilansir dari pelbagai sumber, pembangunan Griya Sehat merupakan Program Kemenkes RI dengan menerapkan fasilitas pelayanan kesehatan tradisional yang menyelenggarakan perawatan/pengobatan tradisional dan komplementer oleh Tenaga Kesehatan Tradisonal. Keberadaan Griya Sehat sendiri bertujuan untuk membangun derajat kesehatan masyarakat. 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah perwakilan Kementerian Kesehatan RI dan rombongan Staf Ahli, para anggota Komisi III DPRK, perwakilan Dinas Kesehatan Aceh, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, serta sejumlah perwakilan dari Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup, DPMPTSP, BPKD serta RSUD.


Laporan| pakar

Komentar

Berita Terkini