Masyarakat Kampung Rongoh Antusias Mengikuti Vaksinasi Covid-19

Aceh Tamiang | Ratusan masyarakat Kampung Rongoh Kecamatan Tamiang Hulu terlihat antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di Kantor Datok Penghulu Kampung setempat sejak pagi tadi, Selasa, (2/11).

Kapolsek Tamiang Hulu, Ipda Rudiono S.Sos melalui  Bripka Purwo Edi, disela-sela berlangsungnya kegiatan vaksinasi massal tahap 1 dan 2 di Kampung Rongoh mengatakan, Pelaksanaan kegiatan Vaksinasi Massal ini dilaksanakan sesuai dengan STR Kapolda Aceh Nomor : STR/185/VI/PAM.3.2./2021 Tanggal 02 Juni 2021.

Dijelaskannya, kegiatan vaksinasi tersebut melibatkan vaksinator tenaga kesehatan  dari UPTD Puskesmas Tamiang Hulu dengan jenis Vaksin SINOVAC dan MODERNA.

Kegiatan ini dilaksanakan bagi masyarakat yang belum divaksin, Kami dari pihak Polsek Tamiang Hulu hanya  melakukan monitoring yang dilaksanakan oleh Tim Vaksinator Nakes dari UPTD Puskesmas Tamiang Hulu, ungkap Bripka Purwo Edi.

Sebelum divaksin, kata Bripka Purwo Edi, para  peserta vaksinasi terlebih dahulu harus melalui beberapa tahapan dengan melakukan Registrasi/pendaftaran, Screaning, Vaksinasi/penyuntikan, Pencatatan dan observasi.

Kemudian, ada beberapa kormobiditas/ penyakit bawaan yang tidak dapat di vaksin, seperti Hipertensi, Diabetes Melitus, Pernah Covid-19 dan penyakit penyerta lainnya dan harus melalui tahapan pemeriksaan dokter, jelasnya..

"Adapun Jenis Vaksin yang diberikan adalah jenis Vaksin SINOVAC untuk tahap 1 dan Tahap 2", pungkasnya.

Sementara itu, Datok Penghulu Kampung Rongoh, Saminoto sangat mengapresiasi peran serta dan antusiasme dari masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi tahap 1 dan 2 ini". Kegiatan vaksinasi ini Difasilitasi oleh pihak Polsek Tamiang Hulu berkerjama dengan UPTD Puskesmas Tamiang Hulu, sebutnya.

Semakin banyak masyarakat yang divaksin, maka akan bermanfaat bagi kita dalam menekan penyebaran penularan Covid-19.

Dia menjelaskan pemerintah bersama dengan berbagai pihak telah berupaya memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat guna mewujudkan kekebalan komunal dari penularan virus Corona, ucap Saminoto..

Kegiatan vaksinasi massal ini merupakan jadwal yang ke enam kalinya dilaksanakan di Kampung Rongoh, jadi untuk jumlah warga yang telah di vaksin hari ini belum dapat di pastikan jumlahnya secara rinci.

Namun untuk sementara ini diperkirakan sudah mencapai kurang lebih berkisar 350 orang, imbuhnya.

Ia berpesan agar masyarakat jangan takut untuk disuntik vaksin, jangan terpengaruh dengan berita-berita hoax terkait penanganan Covid-19, yakinlah  pemerintah memberikan yang terbaik untuk seluruh masyarakatnya," ucap Saminoto mengakhiri.


Laporan| pakar

Komentar

Berita Terkini