Kades Tanjungmorawa A Dan Ketua FKDM DS Tinjau Rumah warga Yang Longsor

harianfikiransumut.com - Tg Morawa : Kades Tanjungmorawa A, Kecamatan Tanjungmorawa, Sidin Sembiring dan Ketua FKDM Kabupaten Deliserdang, Soelarno SH meninjau rumah Samingin (67) yang abrol ke Sungai Belumai di Jalan Tirtadeli, Gang Plamboyan, Dusun II, Desa Tanjungmorawa A, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Rabu (3/11/2021) sekira pukul 11:30 Wib.

Informasi dilapangan, rumah tersebut longsor akibat derasnya hujan dan
meluapnya air irigasi dan air Sungai Belumai pada dua hari terakhir. Selain rumahnya, ada beberapa titik pinggiran sungai Belumai longsor. Seharusnya pinggiran sungai Belumai harus dibronjong, agar tidak longsor lagi.

Dihadapan Kepala Desa Tanjungmorawa A, Sidin Sembiring dan Ketua FKDM DS, Soelarno SH, Samingin alias Mingin menceritakan, 
akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan debit air tinggi dan sungai Belumai meluap. Pada saat itu tanah, dapur, kamar mandi rumahnya hilang ambrol diterjang air sungai.
Akibat longsor tersebut, panjang tanah yang terkikis sekira 100 meter lebih dari bibir sungai dan lebar tanah sekira 20 meter. 

Kemudian, berbagai rumah warga di Desa Tanjungmorawa A terjadi genangan akibat tingginya curah hujan.

Sementara Kepala Desa Tanjungmorawa A Sidin Sembiring, usai meninjau rumah Samingin mengatakan, kejadian itu akibat bencana alam yang sangat ekstrim dan curah hujan cukup tinggi. Situasi ini sudah dilaporkan ke pimpinan tertinggi di pemerintahan, seperti Camat. Diharapkan seluruh masyarakat bersabar dengan adanya musibah banjir ini. Mari kita banyak berdoa, kata Sidin.

Sementara Ketua FKDM Kabupaten Deliserdang, Soelarno SH menyampaikan, "saya harap kita bersabar dan berdoa kepada Allah SWT, agar bencana ini bisa diatasi. Karena bencana alam ini datang dari yang maha kuasa, tidak ada yang bisa menduga apabila datang dari yang maha kuasa, kita sebagai umatnya hanya bisa berdoa." (Romi)
Komentar

Berita Terkini