Guru Dituntut Harus Mampu Merubah Karakter Anak Didik Lebih Berprestasi

Aceh Tamiang | Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang, Drs. Abdul Muthalib mengharapkan para guru (Tenaga Pendidik) dituntut untuk lebih profesional dalam merubah karakter dan akhlak anak didiknya dilingkungan sekolah sehingga  dapat memberikan bekal ketrampilan dan keahlian sesuai dengan bakat minat siswanya.

Harapannya itu disampaikan Drs. Abdul Muthalib di ruang kerjanya di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang, Jum'at, (26/11) sehari setelah dilaksanakannya peringatan Hari Guru Nasional(HGN) dan PGRI ke 76.

Guru tidak hanya dituntut memberikan ilmu atau materi pelajaran sekolah saja, namun guru juga dituntut untuk lebih profesional dalam merubah karakter anak didik dengan memberikan pekerjaan rumah(PR) agar tertanam rasa kebersamaan dan kepeduliannya kepada orang tuanya dan lingkungannya.

Setiap guru juga dituntut harus lebih kreatif dan mampu menempah anak didik yang berprestasi dan dapat untuk ditonjolkan baik ditingkat Kabupaten, Provinsi bahkan hingga ke tingkat Nasional, ujar Kadis.

Untuk merubah karakter dan akhlak seorang siswa memang tidak mudah, tentunya seorang guru terlebih dahulu harus mampu mengenal karakater/kepribadian yang dimiliki oleh siswanya.

Diakuinya, tidak semua guru dapat mengenal karakter yang ada pada seluruh siswanya. Oleh karena itu, Jika seorang guru ingin mengetahui karakter dari siswanya, maka seorang guru terlebih dahulu harus mampu mengenal siswanya.

Drs. Abdul Muthalib juga mengatakan, mengenal atau mengetahui karakter anak didik merupakan hal yang harus dilakukan oleh seorang pengajar/guru. Dengan mengenal karakter siswa, guru akan mudah untuk membimbing dan mengarahkannya.

Pendidikan karakter dapat berjalan efektif dan berhasil apabila dilakukan secara integral dimulai dari lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat.

Dijelaskan, para guru harus mampu menanamkan Karakter kepada peserta didik seperti, cinta kepada Allah dan orangtuanya, tanggungjawab, disiplin,  mandiri, jujur, hormat dan santun, kasih sayang serta peduli, antar sesama.

Nah jika karakter itu semua sudah ditanamkan, niscaya secara otomatis akhlak mulia akan tercermin dalam perilaku peserta didik dalam kehidupan kesehariannya, kata Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang.

Selanjutnya, beliau juga meminta agar setiap sekolah, baik tingkat SD, SMP dan SMA harus mampu menciptakan anak-anak didiknya berprestasi, sehingga kurun waktu tiga tahun kedepan anak-anak didik di Aceh Tamiang akan mampu mewarnai anak-anak yang ada di provinsi Aceh, harapnya sembari mengatakan bahwa anak didik di Aceh Tamiang sudah tiga tahun berturut-turut mendapatkan juara Umum tingkat Nasional saat mengikuti perlombaan.


Laporan | pakar

Komentar

Berita Terkini