Peringati Hari Sumpah Pemuda, Bupati Labuhanbatu Bertindak Sebagai Inspektur Upacara

harianfikiransumut.com|Labuhanbatu- Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 93 tahun 2021,  Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, M.K.M bertindak sebagai inspektur upacara di Lapangan Ikabina Rantauprapat, Kamis 28/10/2021.

Rangkaian acara diisi dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan Pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, dilanjutkan pembacaan Pembukaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Pembacaan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928 yang diikuti oleh perwakilan etnis di Labuhanbatu.

Dipimpin Komandan Upacara Letnan I Infanteri Unggul Sinambela acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa dan Bagimu Negeri oleh Kelompok Paduan Suara SMA Roma Katholik Bintang Timur. Kemudian ditutup dengan Pembacaan Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) oleh Bupati Labuhanbatu.

Dalam pidatonya, Menpora Dr. Zainudin Amali, M.Si. melalui Bupati Labuhanbatu dr. Erik Adtrada menyampaikan, Hari Sumpah Pemuda ke 93 kali ini mengambil tema "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh". Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemudalah kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Lebih lanjut menurut Bupati, Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik. "Untuk itu momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat Persatuan kita sebagai Bangsa untuk bersama-sama Bangkit melawan Pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda" ujarnya.


Dijelaskan Bupati, 64,50 juta Pemuda Indonesia, atau seperempat dari populasi penduduk Indonesia menjadi harapan besar kemajuan bangsa yang sudah di depan mata, akan tetapi, tanpa komitmen bersatu para pemuda untuk bangsa, niscaya impian menjadi bangsa yang unggul tidak akan terwujud.


Pemuda sebagai agen perubahan (agent of change) ialah sebuah fakta sejarah yang tidak bisa dihindari, Pemuda Indonesia selalu menjadi penentu momen penting perjalanan bangsa Indonesia. "Persatuan menjadi syarat mutlak sebuah loncatan perubahan dan menghadapi berbagai tantangan. Ke depan, tantangan bagi bangsa Indonesia khususnya bagi para pemuda tentunya tidak semakin ringan, akan tetapi dengan komitmen bersatu dalam keragaman menjadi modal sosial dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan bangsa ke depan" Tegasnya.


Turut hadir dalam Upacara ini, Wakil Bupati Labuhanbatu, Hj. Ellya Rosa Siregar M.Pd,  Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, S.IK. MH, Kasdim Labuhanbatu Mayor Inf Martin Tarigan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr. Hj. Maya Hasmita Erik Adtrada Ritonga, SpOG, Kepala Kejari Labuhanbatu Jefri Penanging Makapedua SH. MH., Perwakilan Siswa, Perwakilan Organisasi Kepemudaan, dan Tamu undangan.


Editor    |Redaksi

Laporan|M,syarif

Komentar

Berita Terkini