harianfikiransumut.com

Fastival tahunan Mandi Safar di Pulau Rupat Bengkalis Riau

harianfikiransumut.com | Bengkalis-Acara mandi Safar di Pantai Lapin Rupat Utara berjalan dengan lancar dan ramai dikunjungi oleh lapisan masyarakat. Dalam acara tersebut turut hadir Bupati Bengkalis Kasmarni S.Sos,MMP, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis H. Anharizal, Kepala Pengadilan Negeri Kab.Bengkalis Soni Nugraha,SH., MH,Kepala Pengadilan Agama Kab. Bengkalis Dr. Hasan Nul Hakim, S.H.I., M.A,Dandim 0303 Bengkalis Letnan kolonel Endik Yunia Hermanto, Kapolres Bengkalis AKBP Hendro Gunawan,Kabag umum Pemda Bengkalis, Camat Rupat Utara sekaligus sebagai tuan rumah Agus Sofyan, S.STP., MPA

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) provinsi Riau, Roni Rakhmat ketika hadir mewakili Gubernur Riau di acara itu mengatakan, Festival Mandi Safar sebagai upaya untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Kabupaten Bengkalis dan sebagai sarana meningkatkan kreativitas yang bernilai ekonomis.

Bupati bengkalis Kasmarni dalam sambutannya mengatakan kegiatan budaya mandi Safar sebagai budaya tahunan guna menarik wisatawan untuk berkunjung ke pulau Rupat Utara yang menyuguhkan keindahan. Guna mendukung kawasan wisata di Pulau Rupat Utara ini.kami pemerintah kabupaten Bengkalis secara terus mengupaya akses kepariwisataan termasuk pembangunan infrastruktur jalan untuk pembangunan menuju lokasi wisata yang ada. Kami akan tetap komit untuk membangun di Pulau Rupat dengan segala kebijakan dan kewenangan yang berlaku,imbuhnya lagi pemuda Bengkalis tahun ini telah mengumumkan dana untuk infrastruktur duapuluh miliar lebih membangun jln di Pulau Rupat.

Disamping itu Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kab. Bengkalis juga memaparkan beberapa tujuan dari acara mandi Safar. Yang pertama menjaga budaya dan tradisi masyarakat. Kedua, memelihara dari waktu ke waktu budaya dan seni tradisi yang ada serta mengajak peran serta generasi muda untuk tidak lupa diri dengan tradisinya. Adapun dengan adanya budaya mandi Safar diharapkan budayawan dapat berperan serta berkreasi dalam bidang budaya dan seni secara luas dan akhirnya bermuara pada visi dan misi kabupaten Bengkalis yaitu terwujudnya kabupaten Bengkalis yang bermarwah maju dan sejahtera. Beliau juga memaparkan sasaran yang dicapai adalah untuk mempertegas jati diri lestarinya budaya khususnya mandi Safar dengan tema melalui acara mandi Safar kabupaten Bengkalis tahun 2021 mari kita bangga dengan budaya kita sendiri.

Ferry Situmeang SH dari komisi dua partai PDIP anggota DPRD Kab. Bengkalis berharap ada perhatian khusus dari pemerintah pusat memandang, memperhatikan dan menghulurkan bantuan secepatnya apapun bentuknya yang bisa mensejahterakan dan bisa dinikmati oleh wisatawan sehingga bisa menjadi kawasan pariwisata yang mantap. Demikian ucap putra asli pulau Rupat.

Anco (44)  masyarakat  Rupat setempat berterima kasih kepada pemerintah yang telah berupaya atau berjuang untuk membangun Pulau Rupat sebagai daerah wisata sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat kecil serta dapat pula menampilkan   berbagai seni budaya dari berbagai etnis yang ada tambah meriahnya ada perlombaan memancing, lomba sampan jong, tari tarian tradisional, juga perlu penambahan kamar mandi dan tempat ganti pakaian serta membuka/memperbesar jalan masuk ke pantai Lapin dan lainnya. Salut begitu ramai warga tetap mematuhi (prokes) katanya mengakhiri(Uje)

Komentar

Berita Terkini