harianfikiransumut.com

Aceh Tamiang Ikut Lomba Ekowisata Tingkat Nasional

harianfikiransumut.com | Kabupaten Aceh Tamiang merupakan salah satu Kabupaten yang ada di provinsi Aceh, berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Utara(ujung utara pulau Sumatra). 

Aceh Tamiang juga banyak dikenal  menyimpan lokasi-lokasi wisata yang masih tersembunyi dan menakjubkan. Banyak sekali destinasi tempat wisata yang  bisa kita kunjungi sebagai destinasi alternatif saat liburan. 

Keberadaan destinasi Kabupaten Aceh Tamiang, provinsi Aceh tidak seperti destinasi tempat wisata di indonesia lainnya yang banyak di kunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Bahkan Wisatawan indonesia sendiri bisa dikatakan masih belum banyak melirik pandangannya ke tempat lokasi wisata di Aceh Tamiang, Aceh, kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tamiang, Muslizar, S. Pd, S.Kom, Kamis, 7 Oktober 2021.

Dijelaskannya, kawasan Aceh Tamiang, banyak memiliki ragam lokasi tempat wisata yang indah lagi menakjubkan baik di daerah hulu maupun di daerah hilir Aceh Tamiang.

Kabupaten Aceh Tamiang juga menyimpan beragam jenis destinasi wisata yang pastinya akan sangat menarik untuk di kunjungi dan dinikmati keindahan pesona alamnya.

Oleh karena itu, sebagai dinas yang membidangi pariwisata, kita terus berupaya untuk memberikan informasi kepada masyarakat baik melalui jaringan internet maupun melalui media massa akan  kondisi dan kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Aceh Tamiang.

Salah satu Kawasan yang juga menjadi salah satu destinasi tersembunyi bagi tempat wisata di Aceh Tamiang adalah Kuala Paret yang berada di bagian hulu tepatnya di Desa Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu, KabupatenTamiang.

Hanya membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dari pusat Kota Kualasimpang untuk menuju ke Lokasi Wisata yang berada di daerah pedalaman wilayah kabupaten Aceh Tamiang, yakni di Desa Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu, Aceh Tamiang. semuanya akan terbayar dengan keindahan dan pesona alam di lokasi wisata ujung Tamiang dan Kuala Paret.

Berikut nama-nama lokasi tempat wisata di Kabupaten Aceh Tamiang  yang nyaman untuk di kunjungi : 

1. Pantai Ketapang

2. Kuala Paret

3. Terjun Tujuh Tingkat

4. Pantai Balai

5. Situs Bukit Kerang

6. Lapangan Golf Aceh Tamiang

7. Pemandian Air panas kolay

8. Gunung Pandan

9. Istana Karang

10. Istana Benua Raja

11. Gua Walet

12. Air Terjun Kembar

13. Gua Pintu Kuari

14. Tangsar Alur Biak

15. Gua Pintu Angin 

16. Pemandian Dam Kampung Selamat

17. Pemandian air panas Simpang Paku

18. Pemandian alam Dam Sungai Rengas dan masih ada beberapa tempat wisata lainnya.

Disebutkan, saat ini, Kabupaten Aceh Tamiang sedang mengikuti perlombaan ekowisata tingkat nasional tahun 2021.

Kali ini Kabupaten Aceh Tamiang mengikuti 2 katagori ekowisata Ujung Tamiang, Tuntung Laot dan kearifan lokal yang masih kental dengan budayanya,  serta Wisata Syurga yang tersembunyi yakni ekowisata Kuala Paret.

Alhamdulillah, untuk sementara Kabupaten Aceh Tamiang  berada di peringkat kedua pada perlombaan ekowisata tingkat nasional dari beberapa kabupaten/kota yang mengikuti perlombaan.

Disebutkan, selain Kabupaten Aceh Tamiang, ada beberapa kabupaten lainnya yang mengikuti perlombaan, diantaranya, Bukit Sejuta Bintang Legogama Kabupaten Kupang. Sungai Mudal Kabupaten Kulon Progo. Hutan Adat Depati Karo Kabupaten Merangin. Kampung Coklat Kabupaten Malaka. Pulau Osi Kabupaten Serang Bagian Barat. Kabupaten Kobar. Solop Kabupaten Indragiri Hilir. Telok Berdiri Kabupaten Kubu Raya dan Teluk Kiluan Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan perlombaan ekowisata ini dilaksanakan oleh PT. Ayo Jalan- Jalan berkerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurutnya, perlombaan ini dinilai dengan banyaknya SMS, Like subscribe pada  YouTube serta Instagram yang harus melalui follow melalui website ayojalan-jalan.

Muslizar, S.Pd menambahkan, untuk lebih mudah mengenal akan kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Aceh Tamiang tentang ekowisata, yuk kita dukung perlombaan ini, melalui like, SMS, instagram dan Subscribe YouTube dibawah ini,

https://youtu.be/lS2O6OR2oQs.


Laporan | pakar.

Komentar

Berita Terkini