Raih Nilai Terbaik, Kampung Bundar Juara Satu Perlombaan Kampung

Aceh Tamiang | Datok Penghulu Kampung Bundar Kecamatan Karang Baru, Almahdar menerima penghargaan dari pemerintah kabupaten Aceh Tamiang setelah dinyatakan sebagai juara Pertama pada ajang penilaian perlombaan Kampung Tingkat Kabupaten tahun 2021.

Dalam penilaian perlombaan kampung tingkat kabupaten Aceh Tamiang tersebut, Kampung Bundar, Kecamatan Karang Baru memperoleh nilai 569, Juara Kedua diraih oleh Kampung Alur Selebu, Kecamatan Kejuruan Muda dengan nilai 559 dan Juara Ketiga diraih oleh Kampung Paya Bedi Kecamatan Rantau dengan nilai 558. 

Ketiga kampung yang mendapatkan penilaian terbaik diberikan hadiah oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST berupa piagam penghargaan, plakat dan uang pembinaan berlangsung di Kantor Camat Karang Baru, sekira pukul 10.00 WIB, Jumat (10/9/21) pagi.

Sebelum menyerahkan penghargaan Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST menyebutkan Lomba Kampung ialah indikator untuk menilai dan mengevaluasi kinerja pemerintah kampung yang telah berjalan selama ini.

“Perlombaan Kampung merupakan salah satu indikator untuk mengevaluasi sejauh mana perkembangan kegiatan dan kinerja di tingkat Kampung, sehingga apa yang menjadi tuntutan dan harapan Pemerintah serta masyarakat hendaknya dapat terealisasi dengan baik,” sebutnya.

Wabup juga berpesan kepada seluruh Datok Penghulu dan aparatur kampung supaya dapat mendayagunakan potensi yang ada untuk memajukan kampungnya masing-masing melalui potensi yang ada, baik Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga dapat bangkit dan memacu ketertinggalan dengan daerah lain,” tambah Wabup.

Perlombaan yang digelar tersebut merupakan upaya untuk memotivasi perangkat kampung dalam mendorong akselerasi sistem penyelenggaraan Pemerintahan, pembangunan dan pengembangan Kampung sehingga Kecamatan dan Kampung dapat mandiri dan progresif.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB), Mix Donal pada laporannya menjelaskan aspek-aspek yang diangkat dalam penilaian tersebut.

“Dalam melakukan pemilihan kampung terbaik, tim kami (DPMKPPKB –red) menilai terhadap tiga aspek, yakni dari aspek administrasi, pelayanan maupun mengalokasian ADD. Saya harap dengan adanya ajang ini mampu memotivasi para Datok Penghulu lain untuk saling berlomba membangun kampungnya mencapai titik terbaik”, ujar Mix.

Kepada kampung yang menjadi pemenang, atas nama Pemerintah Daerah, Wabup Insyafuddin turut menyampaikan apresiasi, sementara kepada kampung lainnya, ia meminta agar penghargaan ini bisa dijadikan pemacu motivasi guna meraih prestasi, imbuhnya.


Laporan | pakar

Komentar

Berita Terkini