Bupati Bengkalis Serahkan Dua Buah Kapal Tangkap Ikan Kepada Nelayan

harianfikiransumut.com | Bengkalis-Rabu 22,sept,2021 Bertempat di galangan kapal Kampus Politeknik Kab. Bengkalis di desa sei alam.

Dilaksanakan serah terima kapal tangkap ikan dua unit lengkap dengan segala peralatan nya antara lain jarring 40 utas/keeping untuk satu kelompok Tuah Nelayan 22 september 2021.

Turut hadir Bupati Kasmarni, Wakil Bupati H. Bagus Santoso, Asisten Administrasi Umum, Masuri SH Setda H T Zainuddin, Direktur Polbeng Johny Custer dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Bengkalis. Ketua Kadin Masuri SH, Kejari Bengkalis.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis, Ir. Herliawan, M.Si, dalam penyampaiannya mengatakan hal tersebut dilaksanakan guna peningkatan pemberdayaan usaha kecil bagi nelayan pelaksanaan pembuatan kapal dilaksanakan oleh Politeknik Negeri Bengkalis. Berharap kepada penerrima kapal dan jarring dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Berproduksi kepada masyarakat danmengatakan, sejalan dengan salah satu dari delapan program unggulan Pemkab Bengkalis saat ini stimulus ekonomi bagi pekerja sektor informal, petani, peternak dalam meningkatkan lapangan pekerjaan dan penerapan teknologi.

“Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk tercapainya Visi Bupati Bengkalis dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

Kasmarni menambahkan, sebagai bentuk kepedulian Pemkab Bengkalis terhadap masyarakat nelayan kecil atau tradisional, maka tahun 2021 Pemkab Kembali memberikan bantuan berupa kapal dan alat bantu tangkap ikan sebagai penunjang sarana dan prasarana penangkap ikan.

“Pemkab Bengkalis mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat, yakni Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis dan Politeknik Negeri Bengkalis yang telah melaksanakan pengadaan kapal perikanan 4 GT melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perikanan dan Kelautan tahun 2021," jelasnya.

Selanjutnya Kasmarni berpesan kepada kelompok penerima bantuan, kelompok “Tuah Nelayan” dari Kecamatan Bukit Batu, agar bantuan yang diberikan benarbenar dimanfaatkan sesuai peruntukannya.

“Pergunakan seoptimal mungkin, sehingga dapat memberi manfaat besar dalam mewujudkan kesejahteraan anggota kelompok. Jaga dan rawat kapal serta perlengkapan dengan baik,”

Masuri SH dalam wawancara dengan media ini, “Ini sangat luar biasa kita selaku Kadin kabupaten Bengkalis apresiasi atas hadirnya Politeknik bidang perkapalan di negeri ini tentunya ini menjadi aset yang tidak ternilai," Ucap ketua kadin Bengkalis Mashuri SH.

"Nah dari sisi pembuatan kapal itu sendiri tadi laporan dari panitia sudah ke yang sekian.

Inikan berarti konsumennya jelas ada peluang usahanya, Jelas konsumennya adalah para nelayan dan perseorangan yang hobi memancing dan juga perusahaan ini harus dikembangkan dan tidak bisa hanya politeknik sendiri tetapi juga harus ada peran serta dari pemerintah daerah setempat" pungkasnya.

juga kepada Politeknik Bengkalis juga harus berkolaborasi dengan beberapa perusahaan, Beberapa aspek order dan opini lainnya menyangkut dengan pengembangan pengembangan tahapan-tahapan berikutnya.

Lanjut ketua kadin Masuri SH artinya hal ini politeknik tidak hanya membikin dalam wujud bentuk kapal nelayan tetapi bagaimana kedepan itu adanya dalam bentuk docking, Nah docking ini juga menjadi sesuatu yang menarik dan daya tarik tentunya membawa perubahan bagi ekonomi kabupaten Bengkalis di sana juga ada lapangan pekerjaan bagi masyarakat Bengkalis terutama yang memiliki skill di bidangnya sehingga kabupaten Bengkalis yang notabene daerah maritim hari ini menjadi penunjang bagi beberapa wilayah di sekitarnya.

Beberapa putusan yang ada di sekitarnya ini jelas ekonominya sangat-sangat diharapkan bisa menopang kedepan Dimana membawa pembaharuan meningkatkan kesejahteraan di bidang ekonomi masyarakat di Bengkalis mudahmudahan tidak hari ini poltek Bengkalis tidak hanya membuat kapal nelayan tetapi ke depan ada kapal-kapal yang berukuran tertentu," pungkasnya.

Anu Ilyas 55 tahun, warga Sungai Pakning Kec. Bukit Batu sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kab. Bengkalis bekerja sama dengan Politeknik sehingga dapat menciptakan 2 buah kapal jarring berserta isinya yang diberikan kepada kami untuk menunjang peningkatan kehidupan kelompok Tuah Nelayan, rasanya menerima ini ingin menangis, kata nya, karna Bahagia mendapat kan bantuan ini, terimakasih. Luar biasa senangnya dan terbayang ekonomi kami meningkat. Untuk pemasaran ikan kami sendiri dan ada juga penampung dipasar pagi sungai pakning(Uje)

Komentar

Berita Terkini