Kapolres Aceh Tamiang, Ajak Masyarakat Suarakan Protkes Secara Bersama

Aceh Tamiang - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali, SIK mengajak semua lapisan masyarakat untuk terus menyuarakan penerapan Protokol Kesehatan (Protkes).


"Penanganan COVID-19 harus dilakukan secara bersama - sama, dengan  menyuarakan penerapan Protokol Kesehatan (Protkes)," sebut AKBP Imam Asfali, SIK, Rabu (11/8/2021).


Menurutnya penerapan Protokol Kesehatan (Protkes) tersebut meliputi Mencuci Tangan,  Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas (5 M).


"Virus penyebab corona bisa berada di mana saja. Jadi, semakin banyak kita mengabaikn 5 M, maka semakin tinggi pula terpapar virus ini," jelas mantan Kasubdit II Ditreskrimum Polda Aceh


Imam Asfali  mengatakan pihaknya mendukung penuh Satgas COVID-19 Aceh Tamiang untuk terus menekan penyebaran COVID-19 sehingga kita dapat pada posisi aman.


"Saat ini kita berada pada posisi Peta Resiko COVID-19 dengan status Orange yang artinya Risiko Sedang.  Untuk itu kita terus berupaya untuk berada pada posisi status Kuning bahkan Hijau," jelas Imam Asfali bersemangat. 


Dijelaskan, upaya - upaya penekanan Penyebaran COVID-19 ini harus melibatkan semua unsur termasuk para ulama dan tokoh agama serta dibarengi dengan penerapan Protkes dengan 5 M. Kemudian selalu memantau keberlansungan Posko PPKM yang berada pada level kampung. 


"Yakinlah dengan usaha kita bersama kita dapat keluar dari status ini," harap Imam Asfali.


Sebagai langkah awal sebagai Kaplres Aceh Tamiang yang baru diserahterimakan pada Kamis (05/08/2021) lalu, Imam Asfali mengatakan telah melakukan input data terkait perkembangan dan kendala melalui intansi terkait," jelasnya. 


Menurutnya, upaya tersebut dilakukan dalam upaya langkah-langkah yang akan untuk menekan angka penyebaran Virus Corona diasease 2019 ( COVID-19) di Kabupaten Aceh Tamiang.


Kepada intansi terkait Satgas COVID-19, Imam Asfali berharap untuk saling bahu membahu menyuarakan Protkes. Kita semua ingin perekonomian masyarakat pulih kembali. 


Semua itu bisa kita capai dengan satu lnagkah kebersamaan untuk menerapkan Protkes," tegas Imam Asfali.


Terkait diskusi dan input data serta kendala yang digelar oleh Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Tamiang, Drs. Syuibun Anwar mengapresiasi langkah awal yang ditempuh oleh Kapolres. 


Kemudian Syuibun mengatakan bahwa ada beberapa pemikiran sebagai upaya menekan angka penyebaran COVID-19, diantaranya memperketat kembali terhadap penerapan Protkes dengan mewajibkan masyarakat mengunakan Masker saat berada diluar rumah terutama pada tempat-tempat keramaian.


Kemudian untuk terus menghimbau agar masyarakat menghindari kerumunan atau berada ditempat keramaian, memberdayakan Ulama dan tokoh agama untuk terus mensosialisasikan terhadap bahaya wabah COVID-19 


" Ulama dan tokoh agama harus diberdayakan untuk ikut dalam mensosialisasikan pada saat dakwah maupun disampaikan dimimbar hutbah Jum'at," jelas Syuibun sembari menambahkan setiap masyarakat yang melaksanakan kenduri / pesta wajib menyiapkan fasilitas cuci tangan dan memberlakukan Protokol Kesehatan dan menghindar sampai malam hari.


Pertemuan diskusi yang berlangsung diruang kerja Kapolres Aceh Tamiang tersebut turut dihadiri oleh Kepala BPBD Syahri, SP.  selaku Sekretaris Gugus Tugas, Kepala Dinas Perhubungan Drs. Syuibun Anwar, Kadis Kesehatan Ibnu Azis, SKm, Kasatpol PP, drh Asma'i, Kepala Dinas Koperindag Rafi'i, SE, dan Derektur RSUD Aceh Tamiang dr. Andika Putra sa, SP, PD.


Laporan | Karim/pakar

Komentar

Berita Terkini