Dinsos Aceh Tamiang Bantu Warga NTT Yang Terlantar Di Kampung Durian

Aceh Tamiang | Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Sosial, sambangi warga Nusa Tenggara Timur yang terlantar di Kampung Durian Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang, Selasa (10/08/21).


Sebelumnya, pihak dinas sosial kabupaten Aceh Tamiang menerima laporan dari warga Kampung Durian bahwa telah ditemukan seorang perempuan bernama Trivonia Febiana Nahak anak dari pasangan Agustinus Nahak dan Getrudis Luruk asal Nusa Tenggara Timur terlantar di seputaran Kampung Durian.


Menindaklanjuti laporan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tamiang, Zulfiqar SP bersama Stafnya langsung menyambagi gadis tersebut yang telah di tolong oleh Yuli Anshari Lubis yang akrab disapa Abierza.


Diterangkannya, berdasarkan data yang kami terima dari Pemerintah Kabupaten Malaka Provinsi NTT, diketahui perempuan tersebut bernama Trivonia Febiana Nahak anak dari pasangan Agustinus Nahak dan Getrudis Luruk. 


Menurut pengakuannya, wanita yang dipanggil Voni itu, Ia sudah meninggalkan NTT kurang lebih tiga minggu.


"Saya berangkat dari NTT menuju Jakarta dan selanjutnya Ke Medan bersama teman Saya yang bernama Putri Nahak pada tanggal 23 Juli 2021", ungkapnya kepada Kadis Sosial seraya meniru keterangan Voni.


Selanjutnya, Zulfiqar, SP juga meminta agar Voni menjelaskan kronologinya hingga terlantar sampai ke Tamiang.


Voni juga dibekali uang saku oleh orangtuanya sebesar 5 Juta dan Ia juga pergi atas izin orangtua untuk bekerja.


Menurut pengakuan Voni, sebelumnya ia tiba di Kota Medan bersama temannya bernama Putri menaiki mobil penumpang menuju ke Aceh.


"Di tengah jalan Voni disuruh turun oleh temannya Putri, sambil mengatakan bahwa nanti akan dijemput oleh temannya, namun, saat itu Putri tidak turun dari dari mobil beralasan untuk membeli sesuatu.


Ketika Voni turun, Voni pun di jemput oleh seseorang dan membawa kerumahnya dan kurang lebih selama tiga minggu Voni tinggal bersamanya. Selanjutnya Voni diusir oleh pemilik rumah semua barang-barang milik Voni di ambil", jelasnya.


Kadis Sosial juga menambahkan, selama ini Voni tinggal bersama Yuli Anshari Lubis yang akrab dikenal sebagai Abierza warga Kampung Durian yang telah dengan suka rela menampungnya, voni telah 4 (empat) hari tinggal dirumahnya. Ia ditemukan dengan kondisi pakaian lusuh dan kumal.


"Atas dasar kemanusiaan, Abierza menolongnya, karena sudah berapa kali ditemukan terluntang lantung dijalan dan  berjalan memasuki seluruh gang-gang di Kampung ini", ungkap Kadis meniru keterangan Abierza.


Saat ini, Kondisi terkini Voni dalam keadaan sehat dan diurus dengan baik oleh pihak keluarga yang menampungnya, Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Kadis Sosial memberikan bantuan berupa beras, telur, dan pakaian.


Kadis Sosial turut menyampaikan Informasi tambahan, bahwasanya Pemkab Aceh Tamiang sudah melakukan koordinasi kepada Dinas Sosial Provinsi NTT dan Pemkab Malaka, serta pihak keluarga terdekat.



Laporan | pakar

Komentar

Berita Terkini