Bupati Aceh Tamiang Tinjau Pembangunan Jembatan Pematang Durian

Aceh Tamiang | Bupati Aceh Tamiang H. Mursil,SH.M.Kn melakukan peninjauan Pemasangan Pondasi Tiang Pancang Pembangunan Jembatan Pematang Durian tahap II di Desa Rantau Bintang Kecamatan Bandar Pusaka, Aceh Tamiang, Senin 30 Agustus 2021.

Kedatangan Bupati disambut dengan sejumlah pantun dengan ciri khas bahasa Tamiang oleh Said dan Faqih yang merupakan warga kampung setempat.

Perlu diketahui, Jembatan Pematang Durian letaknya melintasi Sungai Tamiang sebagai penghubung antar Desa dan Kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang dengan bentang sungai sepanjang 145 meter yang di kerjakan oleh PT. Putra Aceh Malaka, Sumber Anggaran Otsus tahun 2021.

Jembatan tersebut juga merupakan sebagai jalan penghubung tujuh Kampung yang berada di daerah pedalaman, diantaranya, Kampung juar, Pematang Durian, Suka Makmur, Baling Karang, Sulum, Sekumur dan Kampung Tanjung Gelumpang.

Mengawali sambutannya, Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH M.K.n mengatakan bahwa jembatan pematang durian merupakan akses utama bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Mudah-mudahan dengan terbangunnya jembatan ini, perekonomian masyarakat yang berada di daerah pedalaman ini akan semakin pesat dan berkembang, 

Mari sama-sama kita berdoa agar proses pemancangan tiang atau pilar jembatan tidak ada hambatan apapun, harap Bupati Mursi sembari mengatakan di tahun 2022 anggaran pembangunan jembatan ini juga telah di plotkan dan mudah-mudahan sudah dapat dilalui oleh masyarakat, ucapnya.

Di akhir arahannya, Bupati mengingatkan, kepada masyarakat agar menjaga imunitas tubuh, karena saat ini kabupaten Aceh Tamiang masih berstatus zona merah, lakukan vaksin dan terapkan protokol kesehatan, tutup Bupati Mursil.

Sementara itu, Kadis PUPR Aceh Tamiang, Edy Movrizal, ST didampingi Kabid Bina Marga, Baihaqi Ahyat, ST, MT, mengatakan bahwa 0anjang bentangan sungai di desa pematang durian kurang lebih sepanjang 145 meter, dengan pemasanga 2 unit pilar atau sekitar 30 tiang pancang, sebutnya.

Diusahakan untuk pembangunan kontruksi rangka baja jembatan tersebut  akan dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang, ungkap Kadis singkat.

Menurut Nasir salah seorang warga Dusun Suka Damai Kampung Rantau Bintang mengatakan bahwa pembangunan Jembatan ini merupakan hasil usulan dari beberapa Datok pasca Banjir Bandang tahun 2006 silam.l.

Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Aceh Tamiang atas terlaksananya pembangunan jembatan ini.

Selama ini, kami warga disekitar sangat merasa kesulitan untuk mambawa hasil produksi petani ditambah lagi bagi anak-anak yang bersekolah, dengan terpaksa harus menyeberangi sungai menggunakan transportasi air berupa sampan dan getek(alat penyeberangan), sebutnya..

Mudah-mudahan pembangunan jembatan ini dapat segera diselesaikan, sehingga kami dapat mempermudah dalam dalam beraktivitas sehari-harinya, ungkap Nasir.

Disela-sela kegiatan, Bupati Aceh Tamiang Mursil SH. M.Kn bersama Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali SIK turut melakukan tepung tawar(pesijuk) dan  menyantuni anak yatim-piatu yang berasal dari kampung sekitar.

Selain Bupati Aceh Tamiang Mursil SH.M.Kn turut dihadiri oleh Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali, SIK, Kabag Barjas, Harun, Anggota DPRK Aceh Tamiang, Camat Bandara Pusaka, Camat Tenggulun, Danramil Bandar Pusaka, Ketua KNPI Aceh Tamiang, Kadis PUPR Aceh Tamiang, Edy Movrizal, ST, Kabid Bina Marga, Baihaqi, ST dan Datok Penghulu Kampung setempat.



Laporan | pakar

Komentar

Berita Terkini