Akibat Tingginya Intensitas Curah Hujan, Jembatan Di Kampung Selamat Rubuh

Aceh Tamiang | Meningkatnya intensitas hujan di bagian hulu kabupaten Aceh Tamiang, mengakibatkan satu jembatan rubuh yang berada di Dusun Lama dan Dusun Tulang Niat atau jalan menuju ke gua pintu kuari Desa Selamat Kecamatan Tenggulun, sekira pukul 18.20 Wib, Sabtu, 30 Agustus 2021.

Informasi yang dihimpun harianfikiransumut.com, bahwa tingginya intensitas curah hujan dan berlangsung lama mengakibatkan air Sungai Gunung Pandan meluap sehingga Jembatan Penghubung antara Dusun Lama dan Dusun Tulang Niat runtuh dan air pun menggenangi beberapa pemukiman warga.

Hingga saat ini belum diketahui berapa jumlah warga yang mengungsi akibat banji, namun dipastikan sebagian pemukiman warga di desa selamat telah digenangi banjir dan belum ada tanda-tanda air surut.

Kondisi Jembatan yang rubuh di Kampung Selamat Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang, foto (Ist)

Akibat kejadian ini, menyebabkan terputusnya jalur darat untuk mengeluarkan hasil pertanian masyarakat setempat, mengingat jalan ini adalah satu satu nya akses yang bisa dilalui oleh kendaraan mobil bermuatan berat.

Sementara untuk kenderaan sepeda motor dan mobil kecil, terpaksa harus melalui jembatan gantung atau titi biru.

Peristiwa tersebut dibenarkan oleh Datok Penghulu Kampung Selamat, Herman saat di konfirmasi wartawan melalui pesan WhatsAppnya, mengatakan bawha 1 jembatan putus berada di dusun pakel berukuran 4x5 meter dan 1 jembatan lagi berada di dusun lama arah pintu kuari juga terputus, ucapnya singkat.


 Laporan | pakar

Komentar

Berita Terkini