Sedikitnya 15 Sekolah Tingkat SD/MI Ikut Lomba Bercerita Se Kabupaten Aceh Tamiang

  

Aceh Tamiang | Dalam Rangka Menumbuhkan Kembangkan Kegemaran Membaca Dan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal, Bagian Perpustakaan Dan Kearsipan Setdakab Aceh Tamiang Selenggarakan Lomba Bercerita Bagi Siswa/i Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Se- Kabupaten Aceh Tamiang. 

Lomba Bercerita tersebut berlangsung di lantai dua (2) Gedung Perpustakaan Dan Kearsipan Setdakab Aceh Tamiang, Jalan Ir. H. Juanda, Kecamatan Karang Baru, Kamis, 15 Juli 2021.

Kegiatan Lomba Bercerita ini diikuti oleh 23 peserta dari tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Se- Kabupaten Aceh Tamiang.

Sebelumnya, para peserta lomba telah mengikuti lomba bercerita dengan mengirimkan hasil rekaman video yang di pandu dan dibimbing oleh masing-masing guru sekolahnya.

Ketua Panitia sekaligus Kasubbag Pembinaan Dan Pengembangan Pesesertaan di Bagian Perpustakaan Dan Kearsipan Setdakab Aceh Tamiang,  Asmaradani Kesuma, Amd, mengatakan lomba bercerita ini di ikuti oleh 15 peserta dari 15 Sekolah Dasar/Madrasah di Kabupaten Aceh Tamiang dengan tiga orang dewan juri, sebutnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini bertujuan untuk   untuk meningkatkan kegemaran membaca sejak dini dimulai dari tingkat SD/MI serta meningkatkan kemampuan literasi anak didik.

“Literasi ini merupakan kemampuan siswa atau anak didik untuk membaca, menulis, berhitung dan menggunakan kemampuan untuk mengatasi permasalahan yang ada di sekitarnya,” jelasnya.

Mereka dinilai oleh tiga orang dewan juri yakni, Ir. Muntasir Wandiman, Syafarudin dan Beny Fitrianti, S.Sos.berdasarkan kriteria penampilan, penguasaan materi, teknik bercerita dan skill bercerita, ucap Asmaradani Kesuma, Amd.

Setelah diadakan penilaian oleh dewan juri berdasarkan beberapa kriteria yang telah ditetapkan, Juara 1 diraih oleh Cut Rafania Aqila Siswi SDN PC 1 Karang Baru dengan nilai 644, Juara 2 Putri Lailatussalwa Siswi SDN PC 1 Karang Baru, dengan nilai 609, Juara 3 Nona Khalisah siswi SDN 2 Kota Kualasimpang dengan nilai 580.

Selanjutnya untuk Juara Harapan 1 diraih oleh Alya Nur Salisya siswi MIN 4 Aceh Tamiang dengan nilai 529, juara 

Harapan 2 oleh Lianauli siswi MIN 4 Aceh Tamiang dengan nilai 427, sementara untuk juara Harapan 3 di raih oleh M. Fadil Ariansyah siswi SDN Jamur Labu dengan nilai  481. Masing-masing juara diberikan hadiah berupa uang saku dan trophy, ucapnya.

Ditambahkannya, “Bercerita atau mendongeng itu merupakan proses dari membaca, memahami isi cerita dan kemampuan untuk menceritakan kembali dengan cara yang menarik, inovatif dan kreatif,”

Secara umum dari hasil lomba bercerita tersebut dapat disimpulkan, kegemaran membaca ini masih perlu untuk lebih ditingkatkan kembali. 

Melalui lomba bercerita ini Asmaradani Kesuma, Amd mengharapkan siswa bisa lebih tanggap terhadap kebudayaan yang ada di daerahnya dan mau menceritakan menggunakan bahasanya sendiri ke luar daerah dengan cara yang unik dan menarik. “Semoga lomba bercerita ini mampu meningkatkan kemampuan literasi sejak dini di Kabupaten Aceh Tamiang,” tutupnya.


Laporan : pakar

Komentar

Berita Terkini