Kampung Alur Bemban Sembelih 20 Ekor Hewan Qurban

Aceh Tamiang | Dalam Rangka menunaikan perintah Allah SWT, Warga Kampung Alur Bemban Kecamatan Karang Baru, sembelih 20 ekor hewan qurban di hari Kedua Idul Adha 1442 H, bertempat di lapangan bola kaki dusun damai Kampung setempat, Rabu, 21 Juli 2021.

Penyembelihan hewan qurban di tahun 2021 ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 16 ekor hewan qurban.

Alhamdulillah, di tahun ini sebanyak 20 ekor hewan qurban yang di sembelih dengan rincian 16 ekor sapi dan 4 ekor Kambing dan 116 orang peserta qurban, Kata Abdurrahman Wahid selaku Ketua Panitia Qurban.

Untuk jenis hewan qurban, kita lebih memilih sapi lokal yang berada di wilayah kabupaten Aceh Tamiang dengan kondisi sehat dan tidak cacat dan telah cukup umur, sebutnya.

Sebelumnya, kita selaku panitia qurban telah melakukan pendataan kepada warga yang berniat untuk melaksanakan ibadah qurban melalui hasil pendaftaran langsung ke panitia qurban. 

Dijelaskannya, dalam 1 ekor hewan (sapi) qurban diperuntukkan untuk 7 orang peserta, sedangkan untuk 1 ekor kambing diperuntukkan untuk 1 orang peserta qurban, kata Abdurrahman Wahid.

Foto Sebagian Sapi Qurban Di Kampung Alur Bemban Kecamatan Karang Baru Aceh Tamiang

Menurutnya, Penyembelihan hewan qurban ini merupakan amalan Sunnah bagi siapapun yang memiliki niat dan kemampuan untuk melaksanakannya, selain itu berqurban merupakan cara kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Melalui berqurban, setidaknya kita dapat membantu masyarakat yang kurang mampu, terlebih di masa pandemi Covid-19, kata Abdurrahman.

Beliau juga menyebutkan, penyembelihan hewan qurban menjadi bagian dari syariat Islam, ini adalah bentuk amalan kita dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Untuk itu, kepada segenap umat Islam yang menyembelih hewan qurban, berqurbanlah dengan ikhlas dengan landasan cinta dan taqwa kepada Allah SWT, hindarkan diri dari sifat ria yang bisa merusak pahala qurban,”.

Abdurrahman juga menambahkan, bagi warga dan masyarakat Kampung Alur Bemban yang ingin melaksanakan ibadah qurban pada tahun mendatang, sebagai panitia qurban, pihaknya bersedia untuk memfasilitasinya dengan cara menabung iuran di setiap bulannya, seberapa pun jumlah akan kita terima, pungkasnya sembari mengharapkan semoga pada idul adha1442 H mendatang jumlah peserta qurban lebih meningkat lagi.


Laporan : pakar

Komentar

Berita Terkini