harianfikiransumut.com

Kemenag Aceh Tamiang Bersama Disdukcapil Louching Harmonisasi Data Catin

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Kantor Kementrian Agama (Kanmenag) Aceh Tamiang bekerjasama dengan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tamiang dalam program harmonisasi data Calon Pengatin (Catin).


Kegiatan Launching Harmonisasi Data Catin Sekejab Memandang tersebut berlangsung di aula Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang, pada Kamis (17/6).


Dikesempatan itu secara simbolis Kadisdukcapil Aceh Tamiang, Sepriyanto menyerahkan Dokumen berupa KTP dan KK untuk pasangan pengatin setelah melakukan ijab kabul.


Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, H. Fadhli, S.Ag, dalam sambutannya mengatakan, bahwa KUA Kecamatan Kejuruan Muda ini merupakan KUA pertama yang melakukan sinkronisasi data catin dengan Disdukcapil, “ kedepan kita tergetkan semua KUA harus melakukan sinkronisasi,” ungkapnya.


Disebutkannya, adapun dokumen yang diberikan kepada pasangan pengatin dalam kegiatan tersebut berjumlah 12 dokumen yang terdiri dari 7 dokumen dari Kemenag Aceh Tamiang yaitu, kartu nikah, dua buku nikah (suami - istri), tiga sertifikat bimbingan nikah (suami, istri dan wali) dan leges buku nikah.


Kemudian 5 dokumen dari Disdukcapil yakni KTP pasangan yang sudah berubah status sudah kawin, tiga Kartu Keluarga (KK Pengantin, KK orang tua suami dan orang tua istri yang sudah dipecah atau dikeluarkan nama anak yang sudah menikah, sebut Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, H. Fadhli, S.Ag.


Selanjutnya, selain penyerahan dokumen juga dilaksanakan diskusi harmonisasi data yakni Forum Group Discution yang dipandu langsung H. Anwar Padli, S. Ag, Kasi Bimas Islam Kankemenag Aceh Tamiang.


Turut serta pada kegiatan tersebut, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Kejuruan Muda, Suharno, S.Ag, Alfi Syahrin, SH, Kabid. Pelayanan Pendaftaran Penduduk, dan Nurmaliza, SE, Kabid. Pelayanan Pencatatan Sipil dari Disdukcapil Aceh Tamiang.


Penulis : pakar

Komentar

Berita Terkini