harianfikiransumut.com

Bupati Mandailing Natal Drs H Dahlan Hasan Nasution Buka Kegiatan Rembuk Stanting

harianfikiransumut.com | Madina - Dalam rangka mendukung upaya percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Mandailing Natal, Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal menggelar rembuk stunting tahun 2021 di Aula Kantor Bupati Mandailing Natal, Kamis (17/6/2021

Kegiatan rembuk stunting ini dihadiri Bupati, Team Leader TA Pool LGBC-ASR Ditjen Bangda Kementerian Dalam Negeri Regional I, Asisten, Staf Ahli, Kementerian Agama Mandailing Natal, Pimpinan OPD, Camat, Kepala Puskesmas, Kepala desa, Bidan desa dan TPG.

Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution dalam arahannya mengatakan salah satu upaya untuk mencegah stunting adalah melaksanakan Germas selain itu harus sejalan dengan pelaksanaan PHBS, maka akan terhindar dari stunting dimana pertumbuhan tinggi badan anak tidak sama dengan teman seusianya.

Bupati menyebutkan stunting ini adalah salah satu isu prioritas pemerintah kita sejak tahun 2018, sedangkan Kab. Mandailing Natal sendiri ditetapkan sebagai Kabupaten Lokus stunting di tahun 2020 sehingga tahun 2021 ini merupakan tahun ke 2 Kab. Mandailing Natal menjadi daerah lokus stunting. Stunting dapat dicegah dengan memperhatikan 1000 hari pertama kehidupan yaitu masa sejak anakdalam kandungan hingga seorang anak berusia 2 tahun.

"tujuan diadakan pertemuan ini adalah untuk memastikan germas benar-benar sampai kepada masyarakat dn memberikan output yang diharapkan yaitu perubahan perilaku sehat di masyarakat" ujar Dahlan.

Lebih lanjut Bupati menghimbau kepada peserta agar berpartisipasi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat terutama ibu dan anak serta tanggung jawab penuh untuk menindaklanjuti penanganan kesehatan di Kabupaten Mandailing Natal. tutup beliau.

Selesai memberikan sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama rembuk stunting oleh Bupati Mandailing Natal.


Penulis : Rahman nasution

Komentar

Berita Terkini