harianfikiransumut.com

Perawatan Dan Pengawasan TBM l Afdl lll Balimbingan Terkesan Tidak Sesuai Harapan

harianfikiransumut.com | Simalungun - Hal ini harus menjadi sorotan pihak direksi PTPN lV Medan dan semua pihak terkait, agar kedepannya perusahaan ini bisa memberi laba buat perusahaan dan negara.

dari pantauan media di lapangan (afdl 3 Balimbingan) tepatnya di desa Tangga Batu (Hatonduhan), jelas terlihat suburnya gulma gulma peganggu pertumbuhan kelapa sawit di TBM l ,Hatonduhan 8/6/2021.

Seharusnya pemeliharaan tanaman sawit pada TBM l harus maksimal di rawat oleh pihak rekanan dan betul betul di awasi oleh asisten afdl 3 Balimbingan, agar perawatan di TBM l tersebut di kerjakan dengan metode yang tepat dan sesuai dengan anggaran yang sudah di gelontorkan.

Pemeliharaan TBM (Tanaman Belum Menghasilkan) adalah untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman yang seragam dan berproduksi tinggi.

Manfaat pemeliharaan TBM untuk mengoptimalkan pertumbuhan vegetatif tanaman sawit sebagai penunjang pertumbuhan generatif yang berproduksi tinggi, agar  menghasilkan tanaman kelapa sawit dengan produktivitas maksimal dengan biaya produksi serendah mungkin dan mempertahankan produktivitas yang tinggi secara berkelanjutan dan menjaga lingkungannya.

Namun itu semua diduga, karena tidak maksimalnya pengawasan yang dilakukan oleh pihak Afdl 3 Balimbingan, seharusnya pihak perusahaan dapat  mengintruksikan kepada pihak rekanan agar dalam pengerjaan perawatan di TBM l tetap sesuai SOP.

Pastinya, pihak rekanan merekrut para pekerja buruh harian lepas(BHL) dari luar, yang belum tentu paham dalam bidang pengerjaan perawatan di TBM tersebut.

Seperti penuturan salah seorang BHL yang tidak bersedia di sebut identitasnya menyatakan, "kami bekerja di TBM l  kebun Afdl 3 dengan cara borongan, ecer tangkos di TBM 1 Rp. 2000/pohon dan membersihkan di sekeliling pohon (garuk piringan) Rp. 400/pohonnya.

Menurutnya, harga itu sangat rendah, mengingat areal TBM l itu semak sekali,"tutur salah seorang pekerja BHL tersebut.

Tim media akhirnya mencoba mempertanyakan perihal TBM l  ini ke Manager PTPN lV unit Balimbingan melalui pesan Whatsappnya, namun belum ada tanggapannya, hingga berita ini disiarkan.

(Editor       |  Redaksi)
(Laporan   |  R. Sirait)

Komentar

Berita Terkini