harianfikiransumut.com

Bersinergi Membangun Negeri, Rumah Kreatif Tamiang Diresmikan

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Field Manager PT Pertamina Hulu Rokan Rantau Field Totok Parafianto bersama Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil SH. M.Kn resmikan Rumah Kreatif Tamiang, Bengkel Difabel Program SDC dan Galeri Ajang Ambe, berlangsung di jalan Medan-Banda Aceh Karang Baru pada selasa (08/06/2021).

Program Rumah Kreatif Tamiang merupakan payung dari
beberapa unit bisnis yang nantinya akan dikelola di lokasi ini dan akan ada Galeri Ajang Ambe, Bengkel Disabilitas oleh
teman – teman difabel," sebut Field Manager PT. Pertamina Hulu Rokan Rantau Field Totok Parafianto saat mengawali sambutannya.

"Kegiatan ini diinisiasi oleh Pertamina Rantau, untuk membantu meningkatkan angka harapan kerja bagi para kelompok rentan, khususnya rekan-rekan disabilitas di kabupaten Aceh Tamiang, bekerjasama dengan Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Aceh Tamiang serta LSM Boemi.

"Keberadaan Bengkel Unit Utama adalah sebagai tindak lanjut dari pelatihan otomotif dengan Skill Development Center (SDC) pada tahun 2020 lalu dengan kelompok disabilitas sebanyak 32 orang yang tersebar
di beberapa kecamatan.

Sedangkan Rumah Kreatif Tamiang menjadi pusat dari unit 

bengkel difabel, yang nantinya  menjadi unit bisnis dari Bengkel utama, imbuhnya.

Totok menambahkan, Pertamina untuk tumbuh kembang bersama masyarakat yang tertuang
dalam program Community Development - Corporate Social
Responsibility (CSR) tidak lepas dari bentuk kerjasama
yang baik dengan beberapa pihak yaitu antara Pertamina, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang yang ditangani langsung oleh Dinas terkait,"ungkapnya.

"Sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, melalui peran aktif komunitas terus memanfaatkan potensi lingkungan sekitar agar dapat meningkatkan
kesejahteraan dan mendorong kemandirian.

Hal ini merupakan salah satu bentuk upaya Pertamina dalam mendukung program Pemerintah dan sejalan dengan berlakunya Qanun Kabupaten Aceh Tamiang No.7 tahun 2014 tentang pelaksanaan tanggungjawab
Sosial dan lingkungan Perseroan Terbatas di Kabupaten Aceh Tamiang,"tegas Totok.

Dikesempatan yang sama, Rahmat Faisal, ST Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) menyampaikan, seluruh Indonesia ada sekitar 23 Unit BLK dan tempat ini menjadi pilot projeknya  Aceh, serta selanjutnya akan dapat diteruskan dikembangkan sampai akhinya berwirausaha,"jelasnya.

"Dimasa pandemi ini BLK Aceh akan mengembangkan terus usaha kecil menengah di masing-masing Kabupaten," ungkap Faisal.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH MKn dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari sinergitas yang baik dan semoga dapat terus dikembangkan yang nantinya bisa ditambahkan counter Handphone, bengkel las, warung kopi mini,"ucapnya.

"Diharapkan nantinya dengan bantuan Dinas Tenaga Kerja, BLK Aceh, Rumah Kreatif Tamiang, Bengkel Difabel dan Galeri Ajang Ambe dapat terus berkembang," harap Bupati.

Usai acara sambutan, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti, photo bersama, Gunting pita dan peninjauan ke bengkel sepeda motor, Door Smeer, serta Galeri Ajang Ambe

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bappeda Aceh Tamiang, Kepala Dinas Sosial Aceh Tamiang, Kepala Dinas Penanaman Modal Satu Pintu, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Tamiang, Kadisnakerttan, Camat Karang Baru, Kabag Humas Sekdakab Aceh Tamiang, Kepala Balai Latihan Kerja Aceh, Tim Management PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 1 Rantau Field, para Kepala Sekolah SMK dan tamu undangan lainnya.

Penulis : Palar

Komentar

Berita Terkini