harianfikiransumut.com

1.950 Sertifikat Tanah Program PTSL Diterima Masyarakat Bener Meriah

harianfikiransumut.com | Bener Meriah- Sebanyak 1.950 sertifikat tanah dari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Perwakilan Cabang Kabupaten Bener Meriah telah disalurkan kepada masyarakat.


Dilapangan Sekdakab Bener Meriah, Plt Bupati Bener Meriah Dailami menyerahkan secara simbolis sebanyak 30 sertifikat dari 1.950 sertifikat tanah kepada masyarakat bener meriah sebagai penerima manfaat, Rabu (9/6/2021).


Saat penyerahan sertifikat tanah secara simbolis itu, Plt. Bupati Dailami didampingi Kepala BPN Perwakilan Cabang Bener Meriah Mustafa, SH, MM, dan Asisten I Drs. Mukhlis, serta Kadis Pertanahan Mahfudha, SH, MH, Sekretaris Dinas Perdagangan Aidi Fitrah, ST, M.Si, Kabag Tapem Khairmansyah, S.IP, M.Sc, Camat Bukit Sabri, S.Pd, M.Pd, Kabag Prokopim yang diwakili oleh Kasubag Protokol Teguh Wan Pribadi, S.STP dan perwakilan masyarakat.


Usai menyerahkan sertifikat tanah, Dailami menyampaikan kepada masyarakat yang telah menerima sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) itu agar selalu bersyukur kepada Allah SWT atas apa yang telah diberikan kepada kita termasuk Sertifikat Tanah ini, dan sekaligus kita juga mengucapkan terimakasih kepada BPN Perwakilan Cabang Bener Meriah yang telah berusaha secara maksimal terkait dengan program  (PTSL) tersebut, ujarnya.



"Selamat kepada masyarakat  yang baru saja menerima sertifikat dan sekaligus mengingatkan agar menyimpan baik-baik bukti kepemilikan tanah yang sah dari Negara ini." 


"Perlu saya Ingatkan, semua kita paham bahwa masalah tanah adalah masalah yang sangat penting dan krusial terutama tentang keabsahan kepemilikannya."


Atas kerjasama baik Pemerintah Daerah dengan BPN perwakilan Bener Meriah, telah mengeluarkan sertifikat tanah lewat program PTSL dan ini gratis.


Terbitnya sertifikat tanah itu bertujuan agar supaya tidak menimbulkan sengketa dan hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari.


"Simpan baik-baik sertifikat tanah serta pergunakan dengan baik dan bijak," sebut Dailami. 


Terakhir Plt. Bupati sekali lagi  mengucapkan terima kasih atas kinerja BPN Perwakilan Cabang Bener Meriah khususnya kepada Bapak Mustafa dan Staf dalam melayani program PTSL dan program ini sangat membantu masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Bener Meriah,  pungkasnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Bener Meriah Mahfudha, SH, MH dalam laporannya menyampaikan, hari ini kita menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah program PTSL sebanyak 30 orang perwakilan dari masyarakt Bener Meriah dari 1.950 orang penerima manfaat, terangnya.


Mahfudha menjelaskan, adapan perwakilan yang dari masing masing kampung yaitu, Kampung Wih Durin sebanyak 5 orang penerima Redistribusi Tanah, dan 5 orang penerima Redistribusi Tanah dari Bale Purnama, serta 20 orang penerima sertifikat dari Konsolidasi Tanah, jelasnya.


Ditambahkannya, dari 1.950 sertifikat ini terdiri dari 22 Kampung di Kecamatan Bukit, 4 Kampung di Kecamatan Timang Gajah, khusus untuk Kecamatan Bukit tahun ini Alhamdulillah selasai, insyaallah pada tahun 2024 yang akan datang seluruh tanah di Kabupaten Bener Meriah selesai bersertifikat, kata Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Bener Meriah Mahfudha, SH, MH. 


(Laporan   | Kin)

Komentar

Berita Terkini