Albert Sinaga:Pentingnya Bergotong Royong Dalam Edukasi Mempercepat Pembangunan Di Simalungun

harianfikiransumut.com | Simalungun - Ditengah kurangnya kepedulian akan kebersihan  Kampung parit sekitar rumah ,saluran air dilingkungan dalam sarana kepentingan umum gerakan Marharoan bolon perlu digalakkan agar  menjadi Habitus baru (Budaya Simalungun) bagi warga Simalungun : demikian keterangan dari Albert Sinaga saat dikonfirmasi lewat selulernya senin 3/5/2021. 

Albert mengatakan , buruknya infrastruktur jalan dari kecamatan Kabupaten hingga Provinsi akan ada solusi jika bersama sama bergotong royong untuk memperbaikinya minimal memperbaiki Saluran parit/ got yang tergenang air atau bahkan berpartisipasi menyediakan materil seperti Sertu, tanah timbunan maupun batu demi pencegahan erosi jalan berlubang untuk perbaikan.

Ditengah minimnya anggaran yang tersedia ditelan penangan Covid - 19 Pemerintah Kabupaten Simalungun sungguh tidak bisa berbuat banyak tanpa dukungan masyarakat itu sendiri , Tuntutan masyarakat begitu banyak akan perbaikan jalan ,sekali lagi  hampir tidak ada daya sedang dilakukan Pemerintah Pusat maupun Provinsi sambil menunggu itu Marharoan bolon lah solusinya : Pinta Albert sinaga. 

Marharoan bolon ( Bergotong royong) dimaknai : berat sama dipikul ringan sama dijunjung adalah warisan Nenek moyang bangsa Simalungun dari pengamalan nilai Habonaron do Bona menjadi Filosofi nya untuk itu mari kita galakkan mulai saat ini. 

Lanjut albert, Masyarakat perantau yang terdiri dari Tokoh agama, Para Pendidik ,,aparat desa,ASN hingga pejabat semestinya mengedukasi ( memberi pencerahan) pelajaran solusi dan kontribusi agar bersama -sama menyadari pembangunan itu adalah dari masyarakat untuk masyarakat.

Jika tidak bisa memberi dari segi tenaga boleh dari segi materi ,jika tidak dari tenaga bisa pun bantuan dari materi minimal diam dan mendoakan agar pembangunan dapat terwujud ( Lang adong Gogoh , Gugu  ma ibere, gogoh ibaen, anggo lang boi haduasi ulang mangguturi) : kata Albert.

Bupati Simalungun RHS- ZW menyampaikan gagasan emas  setiap kali pertemuan nya agar percepatan pembangunan bisa dinikmati bersama demi masyarakat hidup sejahtera sebab pembangunan dimulai dari diri sendiri  untuk itu mari kita galakkan Marharoan bolon terciptanya pembangunan demi masyarakat hidup sejahtera ; kata Albert mengakhiri. 


Penulis:H.Nasution

Komentar

Berita Terkini