Muslim, S.Hi. MM Buka Bimtek Bagi Penyuluh Pertanian Dan Petani Di Aceh Tamiang

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang : Politeknik Bangunan Pertanian (Polbangtan) Medan bersama anggota DPR RI Muslim, SHI. MM dan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Penyuluh Pertanian Dan Petani bertempat di aula Grand Area Hotel, Karang Baru pada jum'at (02/04/2021).

Bimtek Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Bagi Penyuluh Pertanian Dan Petani Di Provinsi Aceh Wilayah Koordinasi Polbangtan Medan dibuka oleh anggota DPR-RI,  Muslim, S.Hi. MM.

Panitia Pelaksana Polbangtan Medan, Direktur Ibu Yuliana, M.Si mengawali sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Aceh Tamiang yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Drs. Abdullah dan Anggota DPR -RI Komisi IV Muslim SHi, MM atas dukungannya yang telah berinisiasi sehingga Kegiatan Bimtek ini dapat terlaksana di Kabupaten Aceh Tamiang. 

Begitu juga kepada Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang beserta jajarannya yang sudah memfasilitasi tempat untuk pelaksanaan kegiatan bimtek ini.

Yuliana dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini diikuti oleh 60 orang peserta, terdiri dari 25 orang penyuluh swadaya dan 35 orang petani yang berasal dari kabupaten Aceh Tamiang.

Dijelaskannya, Bimbingan teknis ini merupakan cara pendidikan non formal untuk meningkatkan kompetensi Penyuluh dan petani.

Saat ini kita sama-sama mengalami kondisi Covid-19, tidak hanya di Aceh saja, namun di seluruh dunia terdampak dengan virus yang sangat menakutkan.

Terkait dengan penyebaran virus ini, tentunya tidak hanya berdampak pada kesehatan tapi  juga berimbas kepada ekonomi, sebagai pelaku-pelaku sektor pertanian, kita harus berbangga  masih tetap dapat eksis di era pandemi.

Yuliana menyebutkan, Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi para petani secara nasional.

Dalam hal ini, Kementerian Pertanian mempunyai tanggung jawab untuk memberikan dan menyediakan pangan bagi 273 juta jiwa penduduk Indonesia.

Terkait kesejahteraan kesejahteraan petani akan dapat dicapai apabila para petani  mampu melakukan budidaya bagaimana melakukan pengolahan hasil penanganan panen yang termasuk di dalamnya sampai dengan pemasarannya.

Oleh karena itu, semua dilakukan dengan baik maka kita dapat menjualnya sesuai dengan harga yang diinginkan oleh petani.

Melalui kegiatan ini, para penyuluh dan petani harus maju guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Silahkan cari informasi, melalui media untuk  mengubah pola pikir yang lama  atau cara-cara lama dengan mengelola pertanian sehingga bisa membuat para petani maju " ungkapnya mengakhiri".

Bupati Aceh Tamiang yang diwakili oleh Drs. Abdullah Plt Sekretaris Daerah Kabupaten dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemerintah kabupaten aceh tamiang mengucap kan selamat datang dan apresiasi setinggi-tingginya kepada anggota DPR RI dan Ibu Direktur.

Kegiatan Penyuluh pertanian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kepastian petani dan penyuluh sehingga dapat berkerja secara profesional.

Seiring meningkatnya pertumbuhan, diharapkan juga Penyuluh Pertanian dapat menjadi agen perubahan.

Semoga Polbangtan dapat memberikan pengetahuannya kepada para Penyuluh dan Petani dibidang pertanian.

"Diharapkan juga kepada para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan pelatihan hingga selesai, karena ilmu yang diberikan oleh Polbangtan, nantinya bisa diterapkan dalam kegiatan pertanian," terang Sekda saat membaca sambutan Bupati Aceh Tamiang.

Selanjutnya, Muslim, SHI. MM dalam arahannya saat membuka kegiatan Bimtek mengatakan, mitra kerja komisi IV DPR RI diantaranya Kementrian Pertanian, Perikanan, Bulog dan lainnya. DPR akan terus mengawal terhadap pembangunan pertanian serta sektor lainnya dan menyerap aspirasi dari masyarakat," jelasnya.

"Mereka yang berhasil di Indonesia, rata-rata bergerak dari sektor pangan dan tinggal bagaimana kita harus mengembangkan berbagai usaha agar bisa lebih maju," ungkap Muslim sembari membuka kegiatan Bimtek.

Usai acara sambutan, Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Bimtek oleh para pemateri.

Turut hadir dalam kegiatan Bimtek, H. Syaiful Sofian, SE anggota DPR Kabupaten Aceh Tamiang, M. Yunus, SP Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tamiang, D. Yogi S, Ketua KTNA Aceh Tamiang, para penyuluh pertanian dan petani seeta para tamu undangan lainnya.

Penulis : pakar

Komentar

Berita Terkini