Bupati Ikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 Secara Virtual

harianfikiransumut.com | Takengon - Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar didampingi Sekretaris Daerah, Subhandhy, AP., M.Si dan sejumlah Kepala SKPK serta para camat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 yang digelar secara virtual melalui video conferensi, Senin (26/04).


Peringatan Hari OTDA yang seyogianya diperingati setiap tanggal 25 April itu, pada tahun ini dilaksanakan mundur satu hari agar pelaksanaan peringatannya dapat diikuti oleh seluruh pemerintah daerah pada jam dan hari kerja.


Bertindak sebagai Inspektur upacara, Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin yang dalam amanatnya mengatakan bahwa tema peringatan HUT OTDA pada tahun ini sangat tepat, inspiratif dan kontekstual yaitu “Bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong royong dimasa pandemi covid-19, untuk masyarakat sehat, Ekonomi daerah bangkit dan Indonesia maju”.


Wapres Ma’ruf Amin juga menilai peringatan Hari Otonomi Daerah saat ini merupakan momentum yang tepat bagi segenap anak bangsa untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dimasa yang akan datang.


“Secara filosofis kebijakan Otonomi Daerah dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaraan pemerintah dengan memindahkan locus pemerintahan dari pemerintah pusat kepada pemerintahan daerah disertai pemberian kewenangan khusus untuk mengurus dan mengatur urusan-urusan tertentu secara mandiri,” ujar Wapres dari Pendopo Rangga Hadi Negoro.


Wapres melanjutkan bahwa penyelenggaraan OTDA juga bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan layanan kepada masyarakat, meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam rangka mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarkat.


Dalam kesempatan itu, Bupati Shabela Abubakar dan jajarannya yang menyertai upacara peringatan tersebut dari ruang VIP Pendopo setempat, terlihat mengikuti rangkaian acara dengan khidmat dan seksama, hingga puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-25 Tahun 2021 berakhir. (DS)

Komentar

Berita Terkini