Wabub Palas, Zarnawi tinjau Desa Terdampak Banjir Di Kecamatan Barumun

harianfikiransumut.com | Palas - Bupati padang Padang lawas H.Ali sutan harahap baru baru ini menghimbau masyarakat agar selalu waspada atas cuaca extrim, ini merupakan bentuk kepedulian beliau atas masyarakatnya sebagai himbauan (peringatan dini atas akan terjadinya nencana.


Hari ini Sabtu, 27 maret 2021  terjadi banjir di benerapa desa di kecamatan Barumun baru kab,Padang lawas provinsi Sumatera utara disebabkan luapan Sungai Barumun yang berada tidak jauh dari sekitar lokasi enam desa.


Banjir yang dipicu akibat tingginya intensitas curah hujan sebagai penyebabnya,sehingha merendam ratusan rumah warga dengan ketinggian rata-rata sekitar 80 Cm di enam desa di kec,Barumun barumun baru yaitu, Desa Binabo jae, Siolp, Saba Rimba, Hasahatan jae, Sigorbus Jae san Sigorbus julu.


Saat ini, para korban banjir tersebut, telah dievakuasi kerumah keluarga di desa tetangganya masing-masing.

Atas nama Pemkab Padang lawas saya mengucapkan turut perihatin atas kejadian ini, semoga para korban diberi ketabahan, kesabaran atas kejadian ini dan Allah SWT akan limpahkan kepada mereka rezeki yang berkah setelah cobaan ini berahir, karena Allah akan memberikan bebaan kepada hambanya.


Sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing  kata wabup disela kegiatan kunjungannya.

               

Terkait peristiwa bencana alam ini,wabub mengatakan", Saat ini belum ada laporan korban jiwa dan Untuk kerugian materi masyarakat akibat bencana ini,belum dapat di perhitungkan jumlahnya.


Saat ini kita masih fokus untuk melakukan evakuasi para korban ke Posko bencana alam yang telah kami didirikan Juga mengajak masyarakat lainnya, untuk bersama-sama waspada dan  mengantisipasi kejadian banjir susulan di enam desa lokasi banjir di Kec. Barumun Baru ini," tutur Wabup.

                 

Kepala Desa Binabo Jae salah satu desa yang terdampak bamjir",Sangkot Daulay menurut penuturannya,banjir luapan sungai Barumun tersebuy terjadi sekira pukul 04.30 dini hari tadi hingga sekarang ini",tutur kades.

                 

Kegiatan monitoring atau peninjauan tanggap bencana di lokasi banjir ini turut diikuti, Wakapolres Palas Kompol. JW Sijabat, Pabung Kodim 0212 Tapsel Kapten ARH. Saleh Hasibuan, Asisten I Pemkab Palas H. Panguhum Nasution, Plt. Kadis Sosial Palas H. Ahmad Fauzan Nasution, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Palas Nojul Hasibuan, Kabid Ops Satpol PP dan Damkar Palas, Khairuddin Siregar, Ketua Harian Kwarcab Pramuka Palas Zainuddin Hasibuan, dan Camat Barumun Baru Maruli Sangap Soaduon Hasibuan.


Sedangkan didalam pengaruran lalu lintas di wilayah daerah terdampak banjir tersebut, anggota personil Kepolisian dan TNI nampak begitu sibuk keja sama dengan relawan dan masyarakat yang perihatin atas kejadian tersebut.


Penulis : A Salam Siregar

Komentar

Berita Terkini