Pratu Muhammad Iqbal Harahap Putra Palas, Ikut Pengamanan PBB Di Afrika Tengah

 

harianfikiransumut.com | Palas - Desa Mompang Kecamatan Barumun Baru Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara (Sumut) wajar berbangga hati mempunyai  seorang putra terbaik.

Pratu Muhammad Iqbal Harahap  terpilih menjadi salah satu prajurit pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa(PBB) di Afrika Tengah akan membawa nama daerah dan Indonesia Go Internasional.

Mengenal lebih jauh pratu Muhammad Iqbal Harahap, beliau adalah sosok prajurit dari Yonif Raider Khusus 644/Wls. Kalimantan Barat.

Muhammad Iqbal sendiri adalah putra dari pasangan Maratiop Harahap dengan Nuriati Nasution asal Desa Mompang Kecamatan Barumun Baru Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Dikatakan, sejak 08 februari 2021 lalu Pratu Iqbal terpilih sebagai salah satu perwakilan dari Indonesia untuk menjadi pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) di Kongo Afrika Tengah dan bergabung dengan  prajurit lainnya.

Kepada awak Media Minggu, (28/3) Pratu Muhammad Iqbal Harahap melalui WA pribadinya mengatakan, sebanyak 850 prajurit perwakilan dari Indonesia  diberangkatkan",ujarnya.

Untuk proses tes seleksi menjadi seorang pasukan perdamaian cukup banyak tahapan yang harus dilalui yakni, kesehatan diri peserta, kesegaran jasmani, lari jarak jauh 3200 Meter, jangka waktu 12 menit, pull up 18 x 1 menit, sitt up 45 x 1 menit, push up 43 x 1 menit, tes komputer, tes mengemudi mobil dan masih banyak lagi.

"Alhamdulillah, semua rangkaian tes tersebut dapat saya lewati dengan baik", jelas pratu Iqbal.

Diketahui, sulit atau tidaknya bagi kita untuk melalui seluruh tes yang diberikan tidak terlepas dari persiapan diri untuk menghadapinya, sebenarnya tidak terlalu sulit itu swmua dapat saya lewati, karena saya menghadapinya dengan persiapan yang sudah matang, sehingga saat berhadapan dengan rangkaian tes, saya sudah siap secara fisik dan mental, sebutnya.

Alhamdulillah, saya sangat bangga dan bersyukur telah diberikan kepercayaan menjadi pasukan perdamaian di Afrika Tengah, karna ini adalah merupakan moment yang paling sangat saya tunggu dan  banggakan dalam mengabdi di TNI AD.",tuturnya..

Lanjut Iqbal, pesan saya khususnya untuk adek - adek yang masih duduk dibangku  sekolah lanjutan, belajarlah yang lebih tekun dan baik.

Perlu diingat, sesulit apapun perekonomian orang tua kita tetaplah semangat dan ber do'a, insya Allah, Allah akan mempermudah langkah dan perjalanan kita kedepannya.

Untuk itu, saya berharap dan mengajak adek adek putra dan putri dikabupaten Padang Lawas agar terbuka hatinya ataupun berniat untuk mendaftarkan diri  menjadi seorang prajurit TNI dimanapun berada",tutup Pratu Iqbal..                                                                                           

Sementara itu, Ayahanda Pratu Muhammad iqbal Harahap, Marotiop Harahap sangat berharap ", Saya sangat memohon dukungan dan do'a dari semua lapisan masyarakat, agar anaknya Muhammad Iqbal sukses menjalankan misi dalam mengemban tugas mulianya sebagain pasukan perdamaian bangsa bangsa, dan kembali ke Negara kita ini dengan sehat Wal afiat dan selamat, harapnya.

Penulis : A. Salam Siregar

Photo sedang bertugas di Afrika Tengah

Komentar

Berita Terkini