Pengurus Dewan UKM Komite Daerah Aceh Tamiang Dilantik

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Wakil Bupati Aceh Tamiang T. Insyafuddin ST melantik kepengurusan Dewan Pengurus Usaha Kecil dan Menengah(UKM) Komite Daerah Aceh Tamiang, bertempat di aula Sekdakab Aceh Tamiang, Rabu, 18 Maret 2021.

Wakil Bupati Aceh Tamiang, T. Insyafuddin, ST, dalam sambutannya menyampaikan  atas nama pemerintah daerah Aceh Tamiang mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus Dewan UKM Komite Daerah Aceh Tamiang.

Momentum ini, kiranya dapat mewujudkan kemandirian UMKM yang berkelanjutan dan berdaya saing dalam ekonomi global.

Kita ketahui bersama bahwa, UKM adalah jenis bisnis yang dijalankan dengan skala kecil dan menengah.

Selain dapat memberikan keuntungan kepada pemiliknya, bisnis UKM juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain, sehingga banyak pihak yang merasa diuntungkan. Menjalankan UKM dengan program-program Pemerintah, BUMN  dan  Pihak  Swasta secara tepat sasaran, terukur dan berkelanjutan, dapat mewujudkan ekonomi masyarakat yang mandiri dan  berkeadilan.

Wakil Bupati berharap, kepada Dewan Pengurus UKM yang dilantik pada hari ini, kiranya dapat menjadi mitra Pemerintah dalam pemberdayaan UMKM, baik yang bersifat kelompok atau usaha rumahan.

Diharapkan juga kepada pengurus untuk lebih solid dan mau bekerja keras dalam melakukan pendataan dan menggali potensi untuk  mengembangkan UMKM di Kabupaten Aceh Tamiang, pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana, Roby Prasetyo, dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Aceh Tamiang yang telah memberikan dukungannya atas terlaksananya pelantikan pengurus Dewan UKM Aceh Tamiang.

Disebutkannya, bahwa jumlah kepengurusan Pengurus Dewan UKM Komite Daerah Aceh Tamiang beranggotakan sebanyak 46 orang.

Selanjutnya pembacaan surat keputusan oleh Korwil Aceh dan dilantik oleh Komda UKM Provinsi Aceh, T. Nurmiadi Boy, ST.

Ketua Komda UKM Aceh Tamiang, Muhammad Taufiqqurahman, mengucapkan, terima kasih kepada Komite Dewan Provinsi Aceh Berserta rombongan atas kehadirannya dalam pelaksanaan pelantikan Pengurus Dewan UKM Komite Daerah Aceh Tamiang.

Begitu pula kepada pemerintah daerah kabupaten Aceh Tamiang yang telah mendukung terlaksananya pelantikan pengurus dewan UKM Aceh Tamiang.

Disampaikannya, Insya Allah, mimpi ini akan dapat terealisasi berkat dukungan seluruh pihak terkait. Sehingga terciptanya usaha-kecil yang mandiri dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada di kabupaten aceh tamiang dan menjadikan bahan yang bahan yang menghasilkan produk-produk unggulan sehingga menembus pasar global, terlebih dimasa pendemi, ucapnya.

Kepada korwil Aceh dan Bupati Aceh Tamiang, diharapkan agar  dapat memberikan support agar Pengurus Dewan UKM Aceh Tamiang dapat menjalankan amanah dan dapat memenuhi target-target organisasi dalam memajukan dan meningkatkan serta mewujudkan kemandirian UMKM yang berkelanjutan dan berdaya saing dalam ekonomi secara global.

Dikesempatan yang sama, Komda UKM Provinsi Aceh, T. Nurmiadi Boy, ST. Dalam sambutannya, mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah daerah kabupaten Aceh Tamiang atas sambutannya.

Dikatakannya, UKM telah lahir dan berdiri sejak 2012 lalu di Jakarta, Sementara di provinsi  Aceh UKM lahir pada 2014 lalu, ucapnya.

Menurutnya, Ada 8 Kabupaten/Kota pengurus UKM di provinsi Aceh yang belum dilantik sebagai perpanjangan tangan UKM Pusat kepada masyarakat..

Saat ini, UKM Provinsi Aceh telah memiliki 32000 hektar lahan untuk dikelola, sedangkan untuk Kabupaten Aceh Tamiang telah  ada seluas 3500 Hektar, ungkap Nurmiadi Boy.

Program-program UKM dilakukan secara mandiri, terutama bagi masyarakat yang belum tersentuh di tingkat perdesaan.

Kepada pengurus dewan UKM Aceh Tamiang yang baru saja dilantik, diharapkan dapat membantu dan bersinergi  Pemerintah sesuai tema, Inovasi, Motivasi Pembinaan Usaha Kecil Dan Menengah Menuju Kemandirian.

Begitu pula, kepada pengurus juga diminta untuk tidak akal-akalan dalam bekerja dan tidak membuat laporan dan usulan yang tidak perlu.kita berkerja hanya untuk masyarakat, bukan untuk individu masing-masing, tegasnya sembari mengharapkan agar tetap terus berkiprah.

Selain Wali Bupati Aceh Tamiang, T. Insyafuddin ST, tampak hadir, Dandim 0117/Atam mewakili, Kapolres Aceh Tamiang mewakili, Komda UKM Provinsi Aceh, T. Nurmiadi Boy, ST. Sekretaris, Malik Musa, SH. M.Kom, Ketua Komda UKM Aceh Tamiang, Muhammad Taufiqqurahman, Sekretaris, Efriadi, MM dan Bendahara, M. Tajriansyah, Para kepala SKPK, Ketua KNPI, Ketua KTNA, Pimpinan Bank Aceh dan para undangan lainnya.

Penulis : pakar.

Komentar

Berita Terkini