Guru Dituntut Kembalikan Rasa Nasionalis Pada Diri Anak Bangsa

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn buka kegiatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan, bertempat di Aula SKB Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (04/03/21)

Dalam arahannya, Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn, menyampaikan, Tugas Guru sebagai tenaga pendidik untuk menumbuhkan dan mengembalikan rasa cinta tanah air, karena melalui guru lah wawasan kebangsaan ini bisa disampaikan kepada anak-anak bangsa.

Para guru juga dituntut untuk mencari cara dan solusi, bagaimana untuk mengembalikan dan  menumbuhkan rasa nasionalis pada diri anak bangsa supaya bisa cinta dan bangga dengan Indonesia.

Mursil menyebutkan, salah satu penyebab lunturnya wawasan kebangsaan adalah kemajuan teknologi yang membuat masyarakat mengalami pergeseran budaya.

Melalui Media Sosial mereka lebih mengetahui dunia luar negeri dibandingkan negara sendiri, sehingga menyebabkan mereka kehilangan status dan kehilangan identitas dan akhirnya berpengaruh kepada lunturnya wawasan kebangsaan yang dimiliki setiap individu.” ungkapnya.

Untuk memelihara dan melindunginya, tentunya perlu peran serta dari tenaga pendidik di sekolah sebagai penyampai informasi lanjutan kepada anak muridnya.

Hal ini senada disampaikan oleh  Munarwansyah, SE, MM selaku Kabid. Bina Ideologi mewakili Kepala Badan Kesbangpol mengatakan, para guru akan menjadi sebagai agen perubahan untuk memberikan informasi lanjutan kepada anak bangsa, sehingga penting bagi para guru untuk lebih awal mengetahui wawasan kebangsaan dengan keberagamannya yang ikut mewarnai peradaban dan kesejajaran dengan bangsa-bangsa di dunia.

Kegiatan tersebut turut dihadiri 2 (dua) narasumber yang merupakan akademisi dari universitas ternama di Banda Aceh yaiyakni, Dr. Saiful, S.Pd, M.Si dan Dr. Ahmad Husein, MA yang akan mengisi materi pada kegiatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan bagi para guru yang berhadir.

Selain itu, hadir juga dalam kegiatan ini Ketua MPU Kabupaten Aceh Tamiang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Aceh Wilayah Aceh Tamiang dan para peserta dari Guru-Guru SLTA dan SLTP.

Penulis : pakar


Komentar

Berita Terkini