Diduga, Pengerjaan Dan Perawatan TBM PTPN IV Kebun Afd 3 Unit Balimbingan Tidak Mengikuti SOP

harianfikiransumut.com | Simalungun - Untuk mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal yakni,agar kedepannya tandan buah segar (TBS) dengan kualitas prima pastinya PTPN lV medan mempersiapkan berbagai metode dan tehnik melalui riset dan dengan anggaran yang fantastis mulai dari penanaman, perawatan hingga menghasilkan. Namun apa jadinya jika segala upaya tersebut tidak sejalan dengan apa yang ada di areal kebun afd 3 unit balimbingan.

Seperti yang terjadi di  PTPN IV unit balimbingan kecamatan hatonduhan kabupaten Simalungun, perawatan tanaman belum menghasilkan (TBM) di afdelling 3 (tiga) diduga tidak sesuai dengan standar operasional perusahaan (SOP). 

Pantauan awak media harianfikiransumut.com, pada senin(15/3/2021) di lapangan, pengerjaan perawatan TBM diduga dikerjakan hanya sebahagian blok yang tampak dari pinggir jalan. Sementara blok bahagian dalam, kondisi TBM ditutupi rumput, tukulan anak kayuan sudah setinggi orang dewasa. 

Hendra, selaku asisten SDM unit balimbingan, ketika dikonfirmasi melalui whatsapp mengatakan,"itu TBM di wilayah mana bg," ujarnya dan setelah kru media menjawab wilayah yg di maksud, beliau tak lagi ada penjelasan. 

Mocuna yang seharusnya tumbuh di antara gang gang TBM tidak seperti biasanya, sangat jarang ada tumbuh,justru sejenis rumput dan anak kayu  yang tumbuh subur,padahal mocuna tersebut sangat penting untuk menghambat pertumbuhan gulma aserta kemampuannya memfiksasi nitrogen (N) sehingga unsur hara tanah pengalami peningkatan. 

Terkait hal ini, diharapkan jajaran Direksi PTPN IV Medan dan Direksi Holding agar melakukan evaluasi demi mengantisipasi akan dampak kerugian terhadap perusahaan tersebut.


Penulis : (R. Sirait)

Komentar

Berita Terkini