Di HPSN 2021, PT. Pertamina EP Asset 1 Field Rantau Terima Sertifikat Proper Emas

 

harianfikiransumut.com | Aceh Tengah - Gubernur Aceh Berikan Sertifikat Proper Emas Kepada PT. Pertamina EP Asset 1 Field Rantau di Hari Peduli Sampah tahun 2021, bertempat di Gelanggang Olah Seni (GOS) Takengon, Aceh Tengah, Senin, 1 Maret 2021.

Kali ini Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional(HPSN) tahun 2021 mengambil tema "Sampah Bahan Baku Ekonomi Di Masa Pandemi".

Usai penyerahan sertifikat, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah  dalam sambutannya menyampaikan bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian bersama dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Pertumbuhan penduduk yang  pesat tentu berdampak meningkatkan sampah, terutama sampah dr rumah tangga, sebutnya.

Nova menjelaskan, dalam hal pengelolaan sampah, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) dan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang perlunya menjalankan sistem pengelolaan sampah.

Diharapkan, pada tahun 2025 mendatang, seluruh kabupaten/ Kota yang ada di Provinsi Aceh akan terbebas dari sampah yang tidak terkelola, ucapnya.

Nova juga mengapresiasikan terhadap semua pihak yang telah berkomitmen untuk mengelola sampah, bahkan sampah dapat menjadi bahan baku untuk suatu produk yang dapat bernilai ekonomis.

Untuk itu, peringatan hari peduli sampah nasional tahun 2021 mengambil tema, "sampah bahan baku ekonomi dimasa pandemi".

Pemerintah Aceh telah menyerahkan penghargaan kepada individu dan perusahaan,  Atas Nama Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengucapkan selamat atas semua penghargaan yang telah diberikan, semoga dapat menjadi teladan bagi individu, corporasi atau perusahaan harapnya.

Di kesempatan sama, sebagai penerima Sertifikat Proper Emas, Field Manager PT. Pertamina EP asset 1 Field Rantau, Totok Parafianto menyampaikan sangat berterima kasih atas penghargaan yang telah diberikan Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia yang diserahkan oleh Gubernur Aceh.

Tahun ini, PT. Pertamina EP Asset 1 Rantau dapat mempertahankan predikat  Proper Emas.

Sesuai arahan Gubernur, Perusahaan berkomitmen untuk menjaga dan mengelola lingkungan hidup termasuk sampah, karena dengan pengelolaan lingkungan hidup yang baik, maka akan banyak manfaat yang kita dapatkan, ungkap Totok Parafianto.

Selain dihadiri oleh Gubernur Aceh, Forkopimda Provinsi Aceh dan Bupati Aceh Tengah, juga turut dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten di Aceh lainnya, seperti Bupati Bener Meriah, Aceh Timur serta unsur SKPK Pemkab Aceh Tengah. Sementara untuk Pemerintah Kabupaten lainnya mengikuti acara melalui Daring.

Kegiatan tersebut ditutup dengan penandatangan komitmen bersama dan Ramah Tamah

Penulis : pakar.

Komentar

Berita Terkini