Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, Ciptakan Generasi Emas

harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang - Ketua TP-PKK Aceh Tamiang DR. Rita Syntia,ST,MM. hadiri Puncak Peringatan Anniversary Forum Anak Tamiang ke -8 bertemakan  "Sosok Harapan Anak Lentera Hidup Bangsa", bertempat di aula SKB Aceh Tamiang pada pukul 10.00 wib, Sabtu (20/02/21). 


Kegiatan tersebut tampak meriah, dihadiri oleh berbagai organisasi baik dari Aceh Tamiang maupun dari luar daerah yang berperan aktif dalam pengembangan pendidikan dan tumbuh kembang anak.


Turut pula dihadiri oleh Forum Anak Kota Langsa, Forum Anak Aceh Utara, Forum Anak Tanah Rencong, Ikatan Mahasiswa Aceh Tamiang (Aceh Utara), Sekolah Inspirasi, FAGJA dan  komunitas lainnya.


Mengawali acara, Forum Anak Tamiang turut  dipersembahkan tarian melayu Sekapur Sirih sekaligus penyambutan, Ibu Bupati Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia, ST, MM yang juga menjabat sebagai Ketua TP-PKK dan Bunda Paud di Kabupaten Aceh Tamiang.


Dalam sambutannya, Dr. Rita Syntia, ST, MM mengatakan Forum Anak Tamiang (FAT) , merupakan organisasi induk dari komunitas anak yang ada di Aceh Tamiang.

"Banyak program dari Pemerintah melalui instansi yang ada, termasuk juga PKK dan Bunda Paud yang juga memiliki program untuk tumbuh kembang anak. salah satunya program nasional menciptakan generasi emas pada tahun 2045," sebutnya.


Untuk menciptakan generasi emas tersebut, tentu bukan perkara yang mudah, perlu banyak dukungan dari semua pihak, baik Pemerintah, Orangtua dan juga berbagai elemen masyarakat, saling bersinergi untuk mewujudkan target Nasional melalui pembentukan karakter anak pada usia dini.


" Terdapat 89% pendidikan akhlak yang baik, melalui didikan oleh orangtua yang akan berpengaruh dalam mewujudkan generasi, kata Rita Syntia  dikutipnya dari berbagai buku dan literasi yang telah bacanya, 


Ketua Panitia kegiatan, Fadillah Amnasri dalam laporannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut. 


Dijelaskannya, bahwa FAT saat ini telah menginjak usia 8 tahun, kiranya diusia FAT ke 8 tahun ini  kita jadikan momentum untuk  lebih berkiprah dalam pengembangan pendidikan dan tumbuh kembang anak khususnya di Aceh Tamiang," tuturnya.


Ia juga menaruh harapan yang besar kepada instansi dan organisasi yang ada di Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang serta komunitas-komunitas yang berperan dalam mendukung tumbuh kembang dan pendidikan anak, agar dapat bekerjasama dalam membangun anak-anak di Aceh Tamiang.


Selanjutnya, dilakukan Deklarasi Suara Anak Aceh Tamiang sekaligus pemotongan tumpeng oleh ketua TP PKK Aceh Tamiang sebagai wujud rasa syukur Hari Jadi FAT ke-8.


Disela-sela berakhirnya kegiatan, Perwakilan Forum Anak Tanah Rencong ( FATAR) Banda Aceh, dr. Lolandra mengucapkan selamat hari jadi FAT ke 8, dengan bertambahnya usia, FAT bisa semakin maju dan mampu berkontribusi bagi anak-anak di Aceh Tamiang.


Penulis : pakar

Komentar

Berita Terkini