Ketua Ikatan Bedekeh Gelar Rapat Persiapan Hut Ke 5 Keramat Datuk Kebenah.

 

Ketua Ikatan Bedekeh Gelar Rapat Persiapan Hut Ke 5 Keramat Datuk Kebenah.

harianfikiransumut.com | Bengkalis - Ketua Ikatan Bedekeh Suku Akit Hatas, Ampas Bin Gayah Bersama Plt. Atan Bin Seh, Menggelar Rapat Persiapan Hari Ulang Tahun (Hut) Keramat Datuk Kebenah Yang Ke 5 Tahun 2021, Pada Sabtu, 30 januari 2021 bertempat  Dirumah Keramat Datuk Kebenah Jalan Kemenyan Putih, Dusun Hutan Samak, Desa Titi Akar, Kabupaten Bengkalis,". 

Dalam Rapat Agenda Adat Suku Akit Hatas Tersebut," Dihadiri Kepala Desa Titi Akar Sukarto, Tokoh Masyarakat Suku Akit Hatas, dan tokoh masyarakat suku peranakan, Ketua RT/Ketua RW, Se-Desa Titi Akar serta Tokoh Perempuan.

Dalam Kepetusan Rapat Persiapan Tokoh Adat Serta Pengurus Ikatan Berdekeh," Tetap Melaksanakan Acara Bedekeh Cuma Tidak Seperti biasa, Tahun ini Kita Mengunakan Protokol Kesehatan dan Kami Sudah menyediakan Masker dan Tempat Cuci Tangan, ini Kami Lakukan Demi Kebaikan Bersama Khususnya Masyarakat Kita dan Semoga Semua Berjalan Lancar.

Untuk Acara Pertandingan Seperti Pertandingan Gasing, Sumpit dan Trompah Panjang, Pertandingan Stek, Atau Ketapel, Juga Permainan Lainnya, Untuk Tahun ini Tidak Kita Laksanakan Karena Masa Pandemi Covid-19 ini," Mudah-Mudahan Tahun Depan Bisa kita Laksanakan. 

Ketika Ditemui Fiksumnews.com Sabtu, (30/01-2021), Ketua Plt Batin Suku Akit Hatas, Atan, S. Mengungkapkan Melalui HUT Keramat Datuk Kebenah Yang ke 5 ini, diharapkan Kedepannya Adat Budaya Suku Akit Hatas, Semakain Dikenal Oleh Masayrakat Suku Akit Hatas Sendiri.

Dikarenakan, budaya Bedekeh Jaman Nenek Moyang Merupakan Budaya Yang Terpenting Dalam Pengobatan dan Penjagaaan Kesehatan Warga Karena Saat itu Nenek Moyang Kami Belum Mengenal Dunia Medis," ungkapnya.

Di Kesempatan Yang Sama," Kepala Desa Titi Akar Sukarto, Sangat Mendukung Sejak Diresmikannya Keramat Datuk Kebenah pada 01 Februari 2017 Yang lalu, Oleh Bapak Camat Rupat Utara Agus Sofyan S. STP, MPA, dan Sejak ltulah Kegiatan ini Menjadi Festival Rutin Desa Titi Akar, karena Ada Kaitanya Dengan Asal Muasal Sejarah Pulau Rupat Atau Pulau Bertukar Tempat," lanjutnya.

Ditambahkan Sukarto," Semoga Melalui Acara ini Bisa Membawa dan Menopang Desa Titi Akar Menuju Desa Wisata Budaya Apa Lagi Ditambah Acara HUT Vihara Cin Bu Kiong Atau Lebih Dikenal Dengan Nama Cap Gome, Mudah-Mudahan Dengan Semua ini Akan Membawa Nilai Positif Dalam Membangun Desa Titi Akar, Serta Ikut Mengsejahterakan Masayrakat khususnya Masayrakat Desa Titi Akar," 

Dalam hal ini Selaku kades Titi Akar, Saya Menghimbau Kembali Dalam Acara Kegiatan Dimaksud, Masyarakat dan Pengurus Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, Agar Kita Semua Aman dan Terhindar Dari Hal-Hal Yang Tidak Baik," Pungkas Sukarto.

Camat Rupat Utara Agus Sofyan, S. STP, MPA. Berpesan Melalui Agenda Rapat Persiapan HUT Keramat Datuk Kebenah Yang Ke 5 Tahun," untuk Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan, Agar Warga Desa Titi Akar Terhindar dari Virus Corona Covid-19, Penyakit Yang Mematikan.

Camat Sangat Mendukung Langkah Tokoh Masayrakat dan Tokoh Adat, Berserta Pemdes Titi Akar Melaksanakan Kegiatan Rutin Tahunan Berjalan Dengan Baik, Melalui Agenda Acara ini Bisa Membawa Desa Titi Akar Menuju Desa Wisata Budaya Pesannya.

Penulis : M. Aritonang

Komentar

Berita Terkini