Kalak BPBA, Kerusakan Tanggul Di Aceh Tamiang Harus Diperbaiki

Ket. Foto lokasi Tanggul yang jebol akibat terjangan air di Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang
harianfikiransumut.com | Aceh Tamiang, Kalak BPBA, Abi Ilyas berharap kerusakan dan jebolnya Tanggul Di Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang harus diperbaiki.

Hal itu disampaikannya, mengingat ada banyak rumah masyarakat yang terdampak banjir di kala air sungai meluap disekitar tanggul yang Jebol akibat terjangan air sungai yang deras.

Menurutnya, Beberapa titik tanggul yang Jebol di kecamatan tersebut harus segera di tangani, kita tetap mendukungnya, ucap Abi Ilyas ketika dihubungi harianfikiransumut.com via telepon selulernya, Rabu, 24 February 2021.

Disebutkan, sebelumnya tanggul tersebut juga sempat di kunjungi oleh Ibu Gubernur Aceh yang juga sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, sebutnya.

Oleh karena itu kita akan berkoordinasi kepada Kalak BPBD Aceh Tamiang untuk penanganan berikutnya.

Dalam hal ini, Abi mengajak, mari sama-sama kita bersinergi membangun dan memperbaiki tanggul tersebut, ini merupakan tugas kita bersama, tidak hanya tugas pemerintah, BPBA dan BPBD saja, namun masyarakat juga harus turun tangan dan berperan serta untuk memperbaikinya.

Harapannya, semua tanggul harus diperbaiki, namun untuk anggaran kita telah melakukan rapat bersama, bahwa anggarannya ada di dinas  pengairan tahun 2021.

Untuk tahap awal, penanganannya bisa dilakukan dengan tambal sulam, yang penting masyarakat dapat merasa nyaman, terkait besarnya anggaran boleh dikordinasikan langsung ke BPBD Aceh Tamiang, pungkasnya sembari mengatakan bahwa pihak BPBA tetap mendukung sepenuhnya untuk perbaikan semua tanggul tersebut, pungkas Abi Ilyas menutupi saluran selulernya.

Pantauan media, Senin 22 February 2021 dilokasi, perbaikan tanggul di Rantau Pakam Kecamatan Bendahara  tersebut, perbaikan tanggul telah dikerjakan menggunakan material batang pohon kelapa, dengan cara ditanam seperti pemasangan sheet pile atau tiang pancang di bagian tanggul yang Jebol juga penimbunan tanah.


Penulis : pakar

Komentar

Berita Terkini