Di tengah Wabah Corona Jumati Tingkatkan Ekonomi Tanam Jahe Merah

Di tengah Wabah Corona Jumati Tingkatkan Ekonomi Tanam Jahe Merah

harianfikiransumut.com | Bengkalis-Keterangan Jumiati Ketika Melihat Hasil Tnaman jahe Merah di Halaman RumahnyaBukit Batu, 1 Februari 2021

Mari kita bantu tingkatkan perekonomian Rumah Tangga Kata Jumiati (35)  Warga Desa Suka Jadi Memanfaatkan waktu dirumah 

Kita luangkan sedikit waktu untuk membersihkan halaman rumah dari semak – semak. Dan kita isi tanaman yang cepat tumbuh dan berproduksi seperti kebutuhan dapur sehari-hari, kunyit, lengkuas, cabe rawit, serai, termasuk jahe dan jahe merah . seraya menghimbau lewat media Siaga Online yang sengaja menghampirinya melihat asyiknya bertanam jahe merah . kan aneh, kita tinggal didesa masak kita belanja yang mudah tumbuh didesa katanya sambari semyum.

Jumiati (35) tiga orang anak ini sambal mendampingi suami nya Izhar Sapawi (40) dan mengurusi rumah tangga juga menyempatkan diri bertanam jahe merah awalnya dihalaman rumah.

Kini ,menurut saya mereka lebih giat lagi kedepan ditahun 2020 yang lalu jumiati serta suami telah pernah sukses menanam jahe merah seluas ½ HA dengan hasil 4 TON. Lama tanam sepuluh bulan dengan hasil itu katanya sangat mendukung perekonomian keluarga. Apalagi dimusim Corona, corona yang menekan ekonomi Nasional.

Hasil jahe merah juga dikelola oleh kelompok tani berkah Desa Suka Jadi Kec. Bukit Batu Kab. Bengkalis sebagai Minuman Segar. 

Menjadi minuman segar instan jahe di keringkan lalu dijadikan serbuk di tambah gula merah di sedu sedikit air panas siap saji kini telah berada di jual kedai-kedai. 

ahe merah, tumbuhan ini  mempunyai nama latin Zingiber officinale varietas rubrum merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang sudah terkenal untuk digunakan sebagai bahan obat serta  tanaman rempah. Rimpangnya ini mempunyai bentuk jemari serta mengembung pada bagian sela-sela ruas tengahnya. Tumbuhan jahe merah mempunyai kandungan minyak asiri serta mempunyai rasa yang pedas karena adanya senyawa keton yang diberi nama zingeron.


Jahe merah juga termasuk bagian dari suku Zingiberaceae atau suku temu-temuan. Nama ilmiah yang diberikan pada tumbuhan jahe ini dinamai dari bahasa yunani yaitu zingiberi, dan bahasa sansekertanya adalah singaberi, nama ini dikeluarkan oleh tokoh dunia yang mempunyai nama William Roxburgh.

 Manfaat jahe merah biasanya digunakan untuk tumbuhan obat herbal, yang sudah dikenal sejak jaman dahulu khususnya di Negara china. Di china jahe digunakan untuk obat tradisional mengatasi penyakit ginjal, serta untuk memperbaiki fungsi kerja limpa dan di arab digunakan untuk penghangat badan.


Namun dibalik beberapa manfaatnya ternyata tumbuhan ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang-orang yang mengidap penyakit maag. walaupun manfaat yang terkandung pada jahe merah sangat tinggi bagi pengobatan alami dan bisa mengobati berbagai penyakit, tetapi jika orang yang mempunyai maag dianjurkan hati-hati, atau malah tidak usah mengkonsumsinya, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Karena di dalam jahe merah terkandung senyawa gingerol, yang bisa membuat lambung dalam tubuh kita panas.


Selain orang yang mengidap penyakit maag ibu yang sedang hamil juga dianjurkan tidak mengkonsumsi jahe merah ini, dikarenakan jahe merah mempunyai kandungan yang bisa membahayakan kandungan anda.


Berikut ini adalah Beberapa khasiat dan Manfaat Jahe Merah untu kesehatan:


1. Sebagai obat herbal penyakit batuk.

Cara pembuatan ramuannya: siapkan sekitar 3 rimpang jahe merah masing-masing seukuran ibu jari kita, kemudian cuci jahe merah hingga bersih dan tidak ada kotoran lagi, lalu siapkan air sekitar 2 gelas dan rebus hingga tersisa satu gelas saja. Minum rebusan jahe merah tersebut sehari dua kali.

 

2. Sebagai obat herbal untuk mengobati pegal-pegal.

Cara pembuatan ramuannya : ambil atau sediakan kurang lebih dua rimpang jahe masing masing sebesar ibu jari kita, lalu siapkan juga dua gelas susu, kemudian bakar jahe merah di bara api, kemudian pipihkan jahe merah dengan di getok perlahan, lalu rebus jahe merah dengan 2 gelas susu tadi hingga mendidih, minum ramuan sehari dua kali juga.

 


3. Jahe Merah dapat digunakan sebagai obat herbal sakit kepala.

Cara pembuatan ramuannya : ambil kurang lebih 3 jahe merah, lalu cuci jahe tersebut hingga bersih, bakar jahe merah tadi kemudian pipihkan atau memarkan, lalu seduh kedalam segelas air hangat dengan ditambah sedikit madu atau bisa juga dengan gula aren. Kemudian minum ramuan tersebut. Lakukan 2-3 kali sehari hingga sakit kepala hilang. 


Penulis : (Uje)

Komentar

Berita Terkini