Bupati Irwan Lakukan Serah Terima Jabatan Kepada Plh. Bupati Kamsol

harianfikiransumut.com | Meranti - Rabu, 17 February 2021, adalah akhir masa Jabatan Bupati Kep. Meranti Drs. H. Irwan M.Si, hal itu ditandai dengan penandatanganan dokumen berita acara yang dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari Bupati Kepulauan Meranti Masa Jabatan 2016-2021 Drs. H. Irwan M.Si, kepada Plh. Bupati Kep. Meranti Dr. H. Kamsol, disaksikan oleh Ketua DPRD Meranti Jack Ardiansyah, bertempat di Gedung Biru, Kantor Bupati Meranti, Rabu pagi.


Untuk diketahui setelah melakukan serah terima jabatan dengan tidak menunggu lama, saat itu juga Bupati Irwan juga menyerahkan semua aset Pemerintah yang dipakainya mulai dari Kendaraan, Rumah Dinas dan lainnya.


Penyerahan aset ini dilakukan secara simbolis yang diawali dengan penyerahan kunci Mobil Dinas Bupati Merk Toyota Camry 2.4, BM 1 X, dari Bupati Meranti Periode 2016-2021 Drs. H. Irwan M.Si kepada Plh. Bupati Meranti Dr. Kamsol dihalaman kantor Bupati.

"Untuk Aset Mobil Dinas yang ada di Pekanbaru akan kita serahkan esok, dengan begitu sejak berakhirnya masa Jabatan saya sebagai Bupati semua aset sudah dikembalikan kepada Pemda agar dapat dimanfaatkan oleh pejabat selanjutnya,"ujar Bupati.


Dari pantauan wartawan, setelah penyerahan Aset Mobil Dinas tersebut, mantan Bupati Meranti 2 periode itu langsung menuju kerumah pribadinya dijalan Pramuka Selatpanjang dengan menumpang kendaraan Toyota Avanza Plat Hitam milik Ketua DPRD Meranti.


Sekedar informasi, Sekretaris Daerah Kepulauan. Meranti Dr. H. Kamsol mulai tanggal 17 February 2021 ini sudah menjabat sebagai Plh. Bupati Kepulauan Meranti, hal itu sesuai dengan surat penunjukan Gubernur Riau seiring dengan berakhirnya masa Jabatan Periode Kedua Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si.


Mantan Kepala Dinas Pendidikan Riau itu akan menjabat sebagai Plh. Bupati Kepulauan Meranti sampai ditetapkannya Bupati Pemenang Pilkada Meranti dan dilantik secara defenitif. Jika mengacu pada Surat Kemendagri yang masuk, pelantikan Kepala Daerah sesuai hasil Pilkada lalu menurut rencana akan dilakukan serentak pada bulan April 2021 yang akan datang.


Kepada media, usai melakukan serah terima jabatan, Drs. H. Irwan M.Si, berpesan kepada Plh. Bupati Meranti Dr. Kamsol agar dapat mengawal jalannya roda pemerintahan dengan baik sehingga tidak menimbulkan goncangan sampai Bupati defenitif dilantik. Salah satu yang harus dilakukan menurut Irwan adalah dengan melakukan proses transisi pemerintahan secara soft dengan tidak mengeluarkan kebijakan yang dianggap dapat menimbulkan goncangan dipemerintahan.


"Kita berharap proses transisi ini dapat dilakukan secara Soft sehingga tidak menimbulkan goncangan di Pemerintahan, Plh. Bupati sedapat mungkin tidak membuat sistem yang baru dan mampu mensinkronkan program Bupati lama dengan program yang sedang berjalan," ujar Irwan.


Menyikapi permintaan Bupati Irwan tersebut, Plh. Bupati Meranti Dr. Kamsol, mengaku akan mengawal roda pemerintahan ini dengan baik. Iapun beerjanji akan berupaya menyelesaikan program-program Bupati sebelumnya yang belum tuntas. Dan yang paling penting menyiapkan transisi pemerintahan dengan baik agar tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari dan seluruh ASN dapat menjalankan Tupoksi dengan nyaman.


Demi suksesnya tugas-tugas sebagai Plh. Bupati, H. Kamsol berharap kerjasama yang solid dari Lagislatif Meranti serta seluruh OPD dalam mensukseskan berbagai program yang sedang berjalan. 


Dan yang tak bisa diabaikan adalah dukungan penuh dari masyarakat serta rekan rekan media dalam mengawal dan memberikan masukan terkait berjalannya roda pemerintahan.


"Selain dukungan penuh dari Legislatif dan seluruh OPD kita juga berharap kerjasama dari masyarakat dan rekan rekan media dalam memberikan masukan positif kepada Pemerintah Daerah," ucap Kamsol. 


Turut hadir dalam kegiatan serah terima jabatan Bupati Kepulauan Meranti itu, Ketua DPRD Meranti Jack Ardiansyah, Kapolres Meranti yang diwakili oleh Kompol Eddy R, Danramil Selatpanjang Mayor Inf. Bismi Tambunan, Danposal Selatpanjang diwakili Serma Wijiyanto, Ketua MUI Meranti H. Mustafa, serta Jajaran Pejabat Eselon II dan III dilingkungan Pemkab. Meranti. 


Penulis : Deki Agustian

Komentar

Berita Terkini